Tempat Nonton Drama dan Film Rusia

Lyubov Aksonova dalam Bivshiye Season 3

Banyak diantara kita mungkin ingin tahu dimana mendapatkan drama dan film Rusia. Anda dapat menemukannya di HBO, Netflix, atau pun Amazon Prime, hanya saja, anda tidak akan mendapatkan hal yang lebih karena ketiga perusahaan tersebut bukan lah pemilik konten yang sebenarnya.

Banyak drama dan film Rusia tersedia di YouTube secara gratis tetapi jika anda tidak dapat memilah, anda hanya akan menemukan sinetron harian biasa saja.

Karena itulah, anda perlu untuk membaca tulisan ini untuk mengetahui tempat-tempat menonton drama dan film Rusia mulai dari yang berkualitas hingga yang biasa-biasa saja.

START

Dengan brand yang kuat, START menawarkan konten yang berkualitas dan lebih menyasar kaum muda

START.ruSTART YouTube

Jika anda pernah menonton Better Than Us, anda harus tahu bahwa serial Rusia pertama yang menjadi Netflix Original ini awalnya diputar oleh START dan Kino1TV.

START menyediakan banyak film dan drama dengan kualitas tinggi. Kebanyakan merupakan produksi dari Yellow, Black, and White (YBW). YBW memang dikenal mampu menghasilkan karya sinema yang berkualitas. Lebih lanjut lagi, START adalah bagian dari YBW sehingga tidak heran jika START mampu menyediakan banyak konten berkualitas.

Berbeda dari layanan streaming lainnya, START mencoba untuk membangun brand mereka sendiri dengna menyediakan START Original dan menyasar konsumen dewasa dari generasi yang lebih muda.

Jika anda adalah tertarik dengan konten-konten yang tidak biasa, penuh dengan semangat muda,dan berkualitas, START adalah hal yang wajib anda coba.

Anda bisa cek channel YouTube mereka untuk melihat konten-konten gratis mereka.

Kino1TV

Kino1TV menyediakan banyak drama dan film Rusia bertema era Soviet

Kino1TV.ruKino1TV YouTube

Kino1TV menyediakan banyak drama dan film yang bagus. Seperti START tetapi tampak terkesan jadul. Mungkin karena pasar dan ciri khas Kino1TV yang berbeda dari START. START mengarah kepada penonton yang lebih muda sementara Kino1TV mengarah sasaran lebih umum.

Hal yang membuat Kino1TV menarik adalah Kino1TV memiliki banyak drama original dan bertemakan era Soviet.

Seperti layanan streaming Rusia lainnya, Kino1TV memiliki channel YouTube yang berisi konten-konten gratis yang dapat anda nikmati.

Jika anda ingin menonton drama dan film berkualitas dengan tema era Soviet, anda bisa mencoba Kino1TV.

CTC

Ahli komedi Rusia adalah CTC

CTC.ruCTC YouTube

CTC atau STS dalam aksara Latin adalah channel TV Rusia yang berisi hiburan komedi paling terkenal di Rusia.

Selain channel TV, mereka juga menyediakan layanan streaming melalui situs resmi mereka.

Seperti halnya layanan streaming Rusia lainnya, CTC memiliki banyak konten gratis di YouTube mau pun situs resmi mereka. Tidak tanggung-tanggung, serial sekelah Kukhnya (Kitchen) dan Otel Eleon (Hotel Eleon), dapat anda nikmati gratis secara penuh di channel YouTube mereka.

NTV

NTV menyediakan banyak drama serial berkualitas dengan gratis dan bersubtitle bahasa Rusia

NTV.ru SerialsNTV YouTube

Seperti CTC, NTV juga merupakan sebuah channel TV terkenal di Rusia.

NTV menawarkan semua kontennya secara cuma-cuma di situs mereka. Sejauh ini penulis belum menemukan konten berbayar. Selain cuma-cuma, setiap drama disediakan subtitle sehingga akan sangat membantu anda untuk memahami percakapan.

Sayangnya, NTV tidak memiliki layanan streaming untuk film sehingga anda secara umum akan menjumpai drama yang memiliki 8 episode hingga selebihnya.

Penulis secara pribadi tidak terlalu banyak menonton drama di NTV tetapi sepanjang penulis tahu, NTV memiliki drama yang berkualitas dan tidak sekedar sinetron harian dan bahkan mereka menampilkan pemeran-pemeran terkenal.

Jika anda ingin menonton drama berkualitas, gratis, dan memiliki subtitle bahasa Rusia, maka NTV sudah tentu harus dicoba.

KinoPoiskHD

Dengan langganan Yandex Plus, anda sudah dapat akses ke KinoPoiskHD

KinoPoiskHD

Jika anda pelanggan Yandex Plus yang termasuk ke dalam Yandex Music dan Disk, anda dapat mengakses konten-konten premium di KinoPoiskHD. Konten KinoPoiskHD memang tidak seperti START mau pun Kino1TV tapi karena sudah termasuk dalam langganan Yandex Plus, KinoPoiskHD patut untuk diperhitungkan.

Yandex Plus sendiri memiliki biaya langganan kurang dari 50 ribu per bulannya. Hal ini terhitung sangat murah jika dibandingkan dengan langganan START, Kino1TV, dan lainnya yang dapat mencapai +/-100 ribu perbulan.

Untuk anda yang ingin mendaftar Yandex Plus, anda harus menggunakan trik khusus karena Yandex Plus belum tersedia di Indonesia. Cek sini

Dengan harga murah dan layanan Yandex Plus yang lebih banyak, KinoPoiskHD dapat menjadi pertimbangan anda.

Epic Media

Kualitas yang cukup bagus, gratis, dan subtitile multi bahasa adalah keunggulan Epic Media

Epic Media ruEpic Media YouTubeEpic Media English YouTube

 Jika anda ingin menonton drama dan film Rusia berkualitas secara gratis dengan subtitle bahasa Inggris, anda dapat mencoba Epic Media.

Epic Media memiliki konten yang cukup terkenal dan gratis seperti trilogi Lyubov v Bolshey Gorod (Love in Big City) yang dibintangi oleh Presiden Ukraina Vladimir Zelenskiy dan Svetlana Khodchenova tersedia di Epic Media secara gratis. Selain itu, ada juga Akademiya (Academy), serial detektif yang tersedia di Amazon Prime, tersedia di Epic Media secara gratis.

Subtitle tersedia dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Arab, dan lain-lain. Hanya saja, konten dengan subtitle bahasa asing akan masih berjumlah sedikit. Tapi, tentu saja pembaruan akan terus ada di masa mendatang.


Russian TV and Ukrainian Serials

Russian TV Series adalah channel sinetron Rusia terkenal

Ukrainian Serial adalah channel sinetron Ukraina terkenal di Rusia


Russian TV Series
Ukrainian Serials

Jika anda ingin menonton sinetron biasa Rusia dan Ukraina, anda dapat menontonnya di YouTube di channel Russian TV Series dan Ukrainian Serials.

Konten-konten mereka memang hanya konten-konten biasa tapi bukan berarti semuanya hanya sampahan.

Sinetron-sinetron biasa dirancang untuk ditonton oleh orang-orang secara keseluruhan berbeda dengan film atau pun drama tertentu yang dirancang untuk menarik pembeli yang mampu membayar atau pun sebagai karya seni.

Film.UA Group

Film.UA memiliki konten yang bersubtitle bahasa Inggris

Film.UA YouTube

Serial drama Ukraina lainnya dapat ditemukan di Film.UA di channel YouTube.

Film.UA adalah perusahaan film dari Ukraina yang sangat aktif mengeluarkan sinetron-sinetron baru.

Sebagai perusahaan film Ukraina kancah internasional, Film.UA menawarkan subtitle bahasa Inggris pada sebagian kontennya.

Drama Ukraina dengan subtitle bahasa Inggris adalah hal menarik dari Film.UA.

Star Media


Star Media memiliki banyak konten berkualitas dengan subtitle multi-bahasa

Star MediaStar Media YouTubeStar Media English YouTube

Star Media memang tidak sebaik START mau pun Kino1TV, tapi mereka mempunyai banyak konten yang tersedia secara gratis dan bersubtitle.

Sebagian kontennya memiliki kualitas yang sangat bagus. Cold Shore misalnya, serial detektif ini sangat bagus dan tersedia secara cuma-cuma di channel YouTube mereka.

Seperti Epic Media, Star Media menyediakan subtitle multi-bahasa seperti bahasa Inggris, Arab, Spanyol dan lain-lain.

Akhir Kata

Sebenarnya ada lebih banyak lagi tempat nonto drama dan film Rusia, mulai dari yang legal seperti yang telah disebutkan hingga melalui jalur samizhdat yang menjadi ciri khas Rusia.