Samsung Z2: Tizen Ber-Android

Samsung Z2: Tizen Ber-Android

Samsung sebagai salah satu industri teknologi terbesar di dunia smartphone telah merilis Tizen sebagai operating system (OS) milik Samsung sendiri. Hal ini wajar saja melihat bahwa Samsung adalah sebuah perusahaan yang setara dengan Apple yang telah memiliki OS sendiri; iOS. Samsung sepertinya berusaha mengikuti Apple dengan membuat OS sendiri.

Samsung berusaha untuk berkompetisi dengan Android, OS yang membawanya menguasai dunia. Android dimiliki oleh Google sementara itu smartphone Samsung kebanyakan memakai Android sehingga Samsung memiliki ketergantungan dengan Android dan Google. Tizen sebagai OS milik Samsung merupakan usaha Samsung untuk melepas ketergantungan dari Google dan Android.

Samsung Z2 adalah salah satu smartphone Tizen yang rilis di Indonesia. Smartphone ini memiliki harga murah dan spesifikasi yang bagus di kelasnya. Quad-core, RAM 1GB, dan jaringan 4G LTE disertai VoLTE adal fitur andalan Samsung Z2. Smartphone ini awalnya dijual dengan harga 900-an ribu rupiah dan sekarang harganya turun hingga mencapai 700-an ribu rupiah. Dengan harga 700-an ribu rupiah dan spesifikasi yang bagus, Samsung Z2 adalah pilihan bagi konsumen yang menginginkan pengalaman baru ber-smartrphone.


Salah satu kelebihan dari Tizen dan Samsung Z2 adalah kemampuan menjalankan OS Android lewat sebuah emulator bernama ACL. Aplikasi ini sudah tidak tersedia di Tizen Store namun masih bisa di-download di internet dan link-nya banyak di-share lewat FB atau Youtube. Aplikasi ini mampu menjalankan aplikasi Android yang sudah berekstensi .tpk (bukan .apk)dan aplikasi Android seperti ini jumlahnya sangat terbatas dan dapat dihitung jari.

Namun ada trik dengan memanfaatkan kelemahan dari ACL versi 2.2 yaitu dengan memasukkan file .apk ke suatu folder pada aplikasi ACL sehingga ACL akan mengenali file .apk tersebut dan mampu menjalankannya. Memasukkan file .apk tersebut ke aplikasi ACL bisa menggunakan file manager dalam UC Mini.tpk atau ES Explorer.tpk yang bisa di-search di Youtube atau FB. Keterangan lebih lanjut belum dibahas dalam post kali ini.


Samsung Z2 sangat cocok bagi anda yang ingin berpetualang dalam dunia gadget dan menjadi saksi perjuangan Samsung melawan ketergantungan dengan Google. Samsung Z2 adalah alternatif HP 4G murah dan berkualitas.

Samsung Z2 sangat tidak cocok bagi anda yang suka mengeluhkan smartphone dan terus mengejar kemewahan smartphone. Tizen juga belum cocok bagi anda yang tidak berselera berpetualang dalam dunia gadget. Tizen masih memiliki banyak kekurangan dan belum bisa sebaik Android maupun iOS. 

Namun bukanlah hal yang buruk bagi seorang petualang, menjadi seorang saksi perjuangan melawan ketergantungan dengan Google.

Hidup Samsung, kalahkan Google!

Catatan: Samsung Z2 sudah tidak mendapat update untuk OS Tizen terbaru; Tizen 3.0. Maaf post ini seharusnya sudah dipublikasikan puluhan ribu jam yang lalu.