3 Inspirasi dari Rumput


Kali ini saya akan memberikan motivasi dari rumput.


Rumput adalah tumbuhan biasa. Rumput hanyalah tanaman kecil dan lemah. Rumput tidak memiliki keistimewaan dari semua tanaman yang ada di ekosistem. Rumput tidak bisa melebihi tinggi tanaman lain di sekitarnya. Rumput selalu ada di bawah yang lainnya.


Keberadaan rumput sering tidak dihiraukan oleh manusia dan rumput selalu saja terinjak oleh kaki - kaki mereka. Mereka menganggapnya seperti tanah biasa bahkan seolah - olah rumput adalah pijakan yang empuk. Beberapa situasi bahkan rumput dianggap mengganggu pemandangan sehingga dicabut.


Ada hal yang luar biasa yang dimiliki rumput dan patut untuk meningkatkan motivasi dan menginspirasi anda.

Rumput selalu tumbuh, berkembang, dan tak kenal menyerah.

Rumput selalu tumbuh, berkembang, dan tak kenal menyerah. Coba anda renungkan berapa banyak rumput yang dipotong dan tetap saja tumbuh lagi setelah itu. Berapa banyak pula yang mati karena terinjak - injak, tercabut, dan kekurangan air tetapi rumput tetap ada banyak dan terus membanyak. Rumput tak kan berhenti hanya karena gangguan - gangguan yang dia hadapi selama hidup.

Hal inilah yang menjadi cara sukses setiap spesies di bumi: tumbuh, berkembang, dan tetap hidup (tak menyerah). Mengapa nyamuk tak bisa punah? Karena mampu tumbuh dengan cepat, berkembang biak dengan pesat, dan tidak menyerah. Sebaliknya, sebagian spesies - spesies yang terancam punah memiliki kemampuan berkembang biak yang buruk sehingga jumlah mereka terus merosot.

Rumput tak memiliki gengsi.

Rumput tak memiliki rasa gengsi sedikit pun. Dimana pun rumput harus hidup, rumput akan hidup di situ. Walau di tempat yang dipandang rendah pun, rumput tetap mau menjalani hidup dan berjuang.

Hal inilah yang membuat sebagian pabrik - pabrik China maju. Mereka tak gengsi untuk meniru jika memang itu menguntungkan. Walau mereka mengeluarkan banyak produk tiruan mereka, sekarang mereka tidak bisa diabaikan oleh dunia.

Rumput memiliki strategi khusus untuk bersaing dengan yang lainnya.

Rumput memiliki strategi yang unik dan bagus. Rumput tidak memiliki tubuh yang tinggi namun rumput tetap mampu menguasai  sebuah ekosistem. Rumput tidak bersaing dengan ketinggian tubuh atau batang tetapi rumput menciptakan persaingan yang menyimpang, Rumput membanyak, menyebar ke segala penjuru, dan mengisi celah - celah kosong yang tidak dipakai oleh pesaing - pesaingnya di ekosistem.

Hal ini seperti gagasan Blue Ocean Strategy: "Don't Compete, But Create" (Jangan bersaing, tapi mencipta)  Gagasan ini tertulis dalam buku Blue Ocean Strategy ditulis oleh W. Chan Kim dan Renee Malbourgne (kalau saya tidak salah tulis). Gagasan ini diolah dari penelitian selama bertahun - tahun lamanya dan melibatkan sejarah perusahaan - perusahaan selama kurun waktu seabad.

Demikian inspirasi dari rumput dan semoga anda terinspirasi.

Rumput memang luar biasa dan mampu menginspirasi. Selain itu ternyata rumput juga mengandung gagasan - gagasan yang tidak ketinggalan zaman. Pokoknya rumput luar biasa!