Top 4 Kamus Inggris Online & Aplikasi Kamus Online

Kamus online adalah salah satu kebutuhan mahasiswa zaman sekarang dan kamus online memiliki keunggulan daripada kamus offline. Pertama, kamus online bisa dipakai dimana saja tanpa perlu membawa buku. Kedua, harga kamus online juga sangat gratis walaupun ada beberapa yang berbayar. Walau sebagian berbayar, harga kamus online masih terhitung lebih murah daripada kamus offline. Ketiga, pencarian kata dengan kamus online jauh lebih mudah. Kita cukup menuliskan kata yang kita cari kemudian akan muncul arti kata tersebut.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan kamus online. Saya mahasiswa sastra Inggris jadi itu adalah hal yang biasa; menggunakan kamus online. Saya termasuk orang yang tidak sering menggunakan kamus online dibanding dengan teman - teman saya (sesama sastra Inggris) walaupun sebenarnya saya juga sering memakai kamus online. Saya masih sering memakai kamus kertas Oxford kecil saya karena saya memang sudah terbiasa mencari kata di kamus sejak MA dulu.

Perhatian yang dibahas disini kamus Inggris bukan Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris.

Selama hidup saya sebagai mahasiswa sastra Inggris saya telah mengambil manfaat dari beberapa kamus online yang menurut saya sangat bagus dan harus dibagikan. Berikut kamus online yang telah membantu saya.

Dictionary.com dan Thesaurus.com

Kamus ini sangat bagus dan sudah tersedia aplikasinya di Google Play gratis dan in-app purchase. Fitur sebagai kamusnya lengkap; thesaurus, slang, pengucapan kata, asal - usul kata dan lain - lain. Selain itu, ada fitur words of the day sehingga setiap hari kita bisa menambah kosakata. Ada juga tulisan - tulisan mengenai kosakata bahasa Inggris. Sebagai contoh: tips & trik menambah kosakata, kata - kata untuk mengungkapkan sesuatu, dan lain - lain.

Kamus ini sangat saya rekomendasikan bagi siapa saja yang berminat untuk belajar kosakata Inggris lebih mendalam terutama orang Inggris sendiri. Bagi orang seperti saya, kamus ini sangat berguna ketika apa yang saya cari di pikiran saya dan kamus Oxford kecil saya kurang memuaskan.

Oxford Dictionary of English

Kamus ini mengklaim dirinya sebagai kamus terpercaya. Percaya atau tidak, saya tetap memakainya. Fitur kamus ini lengkap seperti Dictionary.com. Fitur yang saya suka adalah kamus ini memiliki kamus untuk American English tersendiri (jika di versi Desktop atau versi built-in di iPad). Saya banyak membaca buku keluaran Amerika jadi fitur seperti ini sangat membantu dan sering saya gunakan.


Kelebihan lain, dari kamus ini adalah tersedia aplikasinya untuk Tizen Store, Play Store, dll. Saya sebagai pengguna Tizen, sangat mengandalkan kamus ini disamping kamus kertas Oxford kecil saya. Namun di Tizen Store sudah tidak tersedia lagi sehingga anda harus mencari link downloadnya dari tempat lain. Saya pernah menemukannya di Youtube. Anda juga bisa mendapatkannya dengan menghubungi email saya di Muhammad Iqbal

Urban Dictionary

Kamus ini sangat unik dan sudah tersedia aplikasinya di Google Play gratis. Kamus ini sangat unik menurut saya karena semua orang dapat membuat definisi kata dan memberikan like atau dislike terhadap definisi orang lain. Mungkin kamus ini lebih mirip dengan forum online atau apalah. Saya beberapa kali mengunjungi kamus ini untuk sekedar hiburan karena disana banyak kosakata yang tak terduga. Tak terduga dari katanya atau pun maknanya.

Walaupun kebenaran arti kosakata di kamus ini bisa dikatakan diragukan, namun kita bisa menimbang - nimbang kebenarannya dari kamus lain dan dari jumlah like yang diterima oleh definisi kosakata tersebut. Setidaknya hal ini sangat menghibur dan membantu memahami beberapa kata aneh yang mungkin tidak pernah terlintas dalam benak kita atau pun (mungkin) di benak orang Inggris.

Selain menyediakan kosakata, Urban Dictionary juga menyediakan toko yang menjual berbagai cinderamata yang berkaitan dengan kosakata yang ada di kamusnya. Seperti: kaos oblong dengan tulisan kata yang aneh, mug dengan tulisan kata yang aneh, permainan-papan kosakata, dan bahkan boneka yang berhubungan dengan kosakata aneh di kamus ini. Sayangnya benda - benda ini belum atau mungkin tidak akan tersedia di Indonesia.

Kamus ini sangat saya rekomendasikan bagi siapa saja yang menyukai hiburan kosakata seperti saya.

Kosakata bukan sekedar sebuah atau beberapa kata tetapi sebuah atau kumpulan makna yang diwakilkan oleh beberapa huruf atau kata. Menyadari keunikan tersebut bisa memberikan rasa humor tersendiri. Setiap kata memiliki keunikan makna masing - masing dan di Urban Dictionary, anda akan menemukan berbagai keunikan makna yang tidak mungkin anda temukan di kamus lain.

Google Translate

Google memang perusahaan teknologi yang luar biasa. Saya harus akui bahwa dia benar - benar meng-kapitalisasi berbagai ragam teknologi. Berawal dari search engine hingga kini, kamus online.

Sebenarnya pada dasarnya ini bukan kamus Inggris, namun ini kamus terjemah antar bahasa. Walau demikian kamus ini tetap menampilkan makna kata bahasa Inggris dalam bahasa Inggris. Kamus ini sebenarnya kurang lengkap tetapi patut diakui bahwa fitur translate menjadikan saya juga memakainya ketika membutuhkan makna kata dan terjemah sekaligus.

Demikian 4 kamus favorit saya. Jika anda memiliki kamus favorit lain bisa ditulis di komen dan kalau bisa dijelaskan juga. Terima kasih telah mengunjungi blog paling langka sedunia ini.

Semakin banyak anda mengetahui kosakata semakin pula anda memiliki kemampuan mengungkapkan makna dengan tepat dan efisien.