MasJ: Pendirian dan Kematian Emuparadise

MasJ: Pendirian dan Kematian Emuparadise

Semua gamer sudah pasti pernah memainkan game – game jadul menggunakan emulator. Mereka memainkan game – game jadul untuk berbagai alasan. Pertama, mereka memainkan untuk bernostalgia dengan masa lalunya. Kedua, sebagian lain memainkan untuk menyelesaikan game lama yang belum sempat mereka beli apalagi mainkan. Kedua, sebagian pula bermain karena menggemari game bersequel tertentu. Tentu setiap orang memiliki alasannya masing – masing dan beragam.

Ketika berbicara tentang game – game jadul, dimana bisa mendapatkan game – game jadul tersebut? Mendapatkan game jadul adalah suatu hal yang tidak mudah karena pabrik sudah tidak memproduksinya dan ketersediaan di retail – retail sudah tidak ada atau kosong. Jawabannya adalah lewat portal game retro di internet. Terdapat begitu banyak portal game retro di internet yang dapat diakses dengan gratis maupun berbayar (saya belum pernah menjumpai yang 100% berbayar). Sebagian portal game retro hanya menyediakan game – game untuk konsol tertentu dan sebagian hanya menyediakan game – game dari seluruh konsol.

Kisah pendirian situs ini berawal dari masa lalu MasJ. MasJ adalah seorang anak yang berkeinginan untuk memainkan game – game konsol (video game) yang waktu itu sedang terkenal, diantaranya adalah Super Nintendo Entertainment System (SNES). Sayang sekali, industri video game belum mau melirik pasar India sehingga MasJ tidak akan pernah sempat memainkan video game di India. Walau pun Sega Genesis sempat masuk ke India, harga di pasar tidak akan pernah sesuai dengan kondisi keuangan masyarakat India waktu itu. Ketersediaan video game dan harga yang tidak terjangkau tidak membuat MasJ kehilangan keinginan dan putus harapan.

Pada usianya yang 11 tahun, salah satu temannya memberitahukan tentang emulasi game (bermain video game lewat emulator di PC). Hal ini membuatnya berpikir bahwa ia bisa memainkan video game menggunakan komputer dengan biaya yang gratis. “Tunggu, aku bisa memainkan video game di komputerku secara gratis?” pikir MasJ. Ia mengetahui tentang emulasi game pada tahun 1999 ketika dia membaca sesuatu tentang GameBoy Color (GBC) ROM, game untuk sistem konsol yang diproduksi Nintendo.

MasJ, pendiri dan penggagas Emuparadise, memulai Emuparadise pada tahun 2000. Ia membuat emuparadise.org dan berhasil mendapat pengunjung 1.000 – 2.000 setiap hari. Sebuah awal yang bagus karena mereka sejak awal sudah memiliki koleksi ROM Nintendo 64 yang cukup banyak. Setelah itu datanglah salah seorang teman MasJ, yaitu Starcast. Dengan bantuan Starcast, MasJ membuat desain situs yang lebih bagus. Setelah itulah Emuparadise mulai mendunia dan memiliki banyak pengunjung.

Emuparadise kemudian dikenal sebagai salah satu portal game retro yang terlengkap di dunia. Menyediakan ratusan ribu ROM game - game retro dari ratusan sistem konsol jadul.

Hal ini mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan pemain game. Salah satu dari mereka mengungkapkan bahwa dengan adanya Emuparadise, ia akhirnya dapat kembali memainkan game yang dahulu ia biasa mainkan dengan temannya yang telah lama meninggal dunia. Cerita yang lain adalah orang yang mengisi waktu luangnya ketika berperang di Timur Tengah dengan bermain game – game retro yang disediakan oleh Emuparadise. Banyak kisah yang telah dihasilkan oleh Emuparadise dan telah membantu ribuan orang (mungkin jutaan) untuk memainkan game – game jadul yang penuh kenangan. Mengingatkan kembali masa lalu yang tidak pernah terulang lagi,

Disamping kisah dan sambutan luar biasa dari para gamer, Emuparadise pada akhirnya mendapat peringatan keras dari pihak Nintendo karena telah melanggar hak intelektual, singkatnya hak cipta. LoveROM, situs penyedia ROM game - game retro, mendapat tuntutan ganti rugi yang tidak sedikit dari pihak Nintendo. Hal ini juga membuat Emuparadise berpikir ulang untuk melanjutkan usaha situs mereka; menyediakan ROM game - game retro.

Emuparadise akhirnya menyatakan bahwa mereka tidak lagi menyediakan ROM game - game retro. Hal ini merupakan berita yang cukup menyedihkan mengingat bahwa Emuparadise adalah penyedia ROM game - game retro terlengkap. Sebagian gamer menyayangkan kebijakan Nintendo yang terlalu ketat untuk melindungi hak cipta mereka. Sebagian lagi tetap optimis bahwa akan ada portal game retro yang muncul kembali setelah jatuhnya Emuparadise dan berbagai portal game retro besar lainnya.

Never forget to look up the online HTML CheatSheet when you forget how to write an image, a table or an iframe or any other tag in HTML!