Memahami Pancasila: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Saya tidak akan menuliskan apa yang sudah dapat didapatkan di situs - situs lain mengenai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Tapi, saya hanya menuliskan apa yang mungkin tidak akan anda dapatkan di situs - situs lain.National emblem of Indonesia Garuda Pancasila



Latar Belakang Sila ini?

Indonesia merdeka pada tahun 1945 yang itu merupakan akhir dari Perang Dunia II. Berbicara mengenai Perang Dunia II, kita dapat mengetahui bahwa perang ini merupakan sebuah perang antara Axis dan Union yang dimenangkan oleh pihak Union yang ditokohi oleh Uni Soviet yang mengaku berideologi-kan Komunisme dan Amerika Serikat yang mengaku berideologi-kan Kapitalisme. Dengan berakhirnya Perang Dunia II, selain merupakan akhir dari kengerian Hitler, ia juga merupakan awal dari kemunculan Perang Dingin antara dua ideologi tersebut.

Pancasila lahir lewat usulan Soekarno pada salah satu sidang BPUPKI. Sebagian orang mungkin mengatakan bahwa Soekarno adalah penggali Pancasial bukan pembuatnya karena Pancasila sudah ada dalam bangsa yang diwarisi dari nenek-moyang sejak dahulu. Benar atau tidak anggapan seperti tetap lah Pancasila muncul dari usulan Soekarno.

Apa Maksud dari Sila ini?

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah salah satu bukti bahwa ada pengaruh sosialisme dalam diri para elit bangsa pada masa dahulu. Pada saat itu (waktu Soekarno mengusulkan Pancasila), aliran sosialisme yang paling mencolok sudah tentu adalah komunisme yang menjadi ideologi resmi Uni Soviet yang mempin Perang Dunia II. Dalam ideologi komunisme, kita semua adalah sama karena ideologi ini berusaha menghapuskan kelas - kelas sosial. Jadi secara tersirat kita dapat pahami bahwa maksud keadilan sosial itu memiliki kemiripan dengan maksud komunisme; menghapuskan perbedaan sosial antar manusia.

Anggapan kemiripan ini diperkuat juga dengan ide - ide sang Pencetus Pancasila. Sebagai contoh adalah gagasan NaSaKom yang didalamnya terdapat Komunisme. Karena Pancasila adalah usulan Soekarno, sulit untuk tidak mengaitkan Sila ini dengan komunisme. Mungkin lain cerita kalau kita menganggap bahwa Pancasila itu bukan usulan Soekarno tetapi warisan nenek-moyang.

Soeharto berani untuk mengeluarkan Pancasila dari Pancasila versi Soekarno dan menghilangkan aroma komunisme dalam Pancasila. G30SPKI adalah salah satu bukti pembersihan Pancasila dari komunisme yang merupakan awal kemunculan dari makna baru sila yang dibahas di post ini. Tidak sekedar membersihkan Pancasila dari komunisme, tampaknya Soeharto benar - benar melakukan pembersihan Pancasila dengan bukti bahwa pada masa Soeharto, pendidikan Pancasila benar - benar diperhatikan.

Menurut Soeharto, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu tidak berarti bahwa Indonesia akan menganut sistem feodal (yang dianut negara - negara komunis seperti Uni Soviet) dan tidak berarti pula akan menganut sistem kapitalisme. Sila ini bermaksud bahwa seluruh bangsa harus mendapatkan kesempatan sukses yang sama. Dengan kesempatan yang sama inilah, keadilan sosial akan terwujud ketika orang memiliki keinginan kuat yang didukung oleh keamanan negara. Tentu hal ini bukan lah hal yang mudah tetapi ini adalah salah satu tujuan diadakannya Indonesia.

Kesimpulan

Ringkasannya, Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah sila usulan Soekarno yang berbau komunisme namun dibersihkan oleh pemerintahan Soeharto. Sila ini berusaha untuk menengahi ideologi blok barat dan blok timur dalam upaya meraih kesejahteraan.