Top 3 Trick Menjadi Mahasiswa Unggul

Menjadi mahasiswa merupakan suatu kesibukan walau pun sebenarnya tidak terlalu sibuk jika kuliah di jurusan - jurusan tertentu. Setiap hari selalu ada tugas walau pun sebenarnya sering kali tidak ada tugas. Ada tidak tugas sebenarnya bukan patokan dari kuliah atau tidak yang menjadi patokan adalah kuliah itu sendiri. Meskipun saya kuliah di Sastra Inggris Universitas Hasanuddin yang benar - benar hampir tanpa tugas, saya tetap saja terganggu dengan kesibukan di perkampusan. Jadwal kuliah yang 24 SKS dan jeda yang panjang setiap semester tentu memakan kehidupan saya. Tidak jarang juga kita hanya menunggu di kampus atau bahkan di kelas dengan kekosongan tak berguna. Secara ringkas, meskipun saya menganggur tetap saja kuliah itu kesibukan saya.

Saya akan berbagi beberapa tips dan trik menjadi mahasiswa supaya lebih unggul atau setidaknya punya kelebihan dengan segala kekurangan. Mungkin sebagian orang menganggap ada orang yang pandai atau punya kelebihan dan sejenisnya, namun sebenarnya mereka hanya lah sama dengan yang lain namun sebagian memiliki beberapa trik sehingga terlihat unggul dengan ketidak-unggulan yang dimiliki. Tips dan trik ini saya dapatkan dari apa yang saya pelajari dari diri saya. Terkadang memang saya mencoba untuk menjadi orang ketiga dalam hidup saya untuk mencoba memahami diri saya yang merupakan orang pertama. Ini adalah beberapa trik yang saya dapatkan dari melihat apa yang telah saya lakukan selama 5.5 semester di kampus saya.

Pertama, pastikan bahwa anda menawarkan sesuatu yang berbeda. Banyak memang mahasiswa yang luar biasa namun mereka luar biasa yang biasa. Jadi, cobalah untuk menawarkan hal yang berbeda dengan segala kepandaian dan kekurangan yang ada. Sebagai contoh, saya adalah seorang mahasiswa Sastra Inggris yang tidak bisa berbahasa Inggris yang tidak bisa berbahasa Inggris. Meskipun tidak bisa berbahasa Inggris, saya menawarkan sesuatu yang berbeda. Ya, saya membaca puisi berbahasa Inggris dan telah memahaminya. Selain itu, saya juga mempelajari bahasa Rusia dan mampu berbahasa Arab dengan tidak lancar. Bisa anda bandingkan bahwa apa yang saya tawarkan itu sangat sebanding dengan apa yang tidak saya miliki. Selalu menawarkan hal yang berbeda yang menjadi keunggulan anda itu lah trik yang sangat bagus.

Tips ini juga dapat diterapkan ketika anda mengerjakan tugas - tugas. Pastikan bahwa tugas yang anda kerjakan itu memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh teman - teman anda. Misal, ketika anda kesusahan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, anda cukup fokus pada permasalahan yang anda pahami dalam tugas. Kerjakan permasalahan tersebut dengan sudut pandang yang berbeda atau dengan sesuatu yang berbeda lainnya dan jangan takut untuk tidak sependapat dengan dosenmu. Sebagai contoh, dosen anda menyuruh anda untuk menulis makalah tentang The New Criticism sementara anda tidak mendapat banyak sumber valid mengenainya. Anda tidak perlu mencari keseluruhan dari The New Criticism, cukup cari bagian dari The New Criticsm, misalnya kelemahan, kritik, dan bantahan untuk The New Criticism dengan sumber - sumber valid dan terpercaya yang anda cantumkan pada daftar pustaka. Ketika teman - teman anda menjelaskan The New Criticism dengan general, anda memberikan suatu sumbangan lain kepada dosen anda dimana anda menuliskan kepadanya kelemahan, kritik, dan bantahan menganai The New Criticism secara lebih spesifik daripada seluruh teman - teman anda.

Sevastopol: saksi bisu Battle of Sevastopol

Kedua, pastikan bahwa anda tetap berhasil meskipun gagal perkuliahan. Mungkin banyak yang tidak sependapat dengan yang satu ini namun ini cukup penting menurut saya. Memilih kuliah sebagai satu - satunya jalan untuk sukses adalah sebuah anggapan yang mempersempit kesempatan untuk menjadi unggul. Banyak keunggulan yang dapat menjadi suatu kesuksesan di luar perkuliahan atau pun hal - hal berbau pendidikan. Sebagai contoh adalah kemampuan tambal ban, jualan barang, mencari barang, dan lain - lain. Memulai karir sebelum menjadi sarjana merupakan hal yang cukup bermanfaat. Ibarat seperti mencuri start. Kesempatan untuk berhasil pun bisa lebih cepat dan tak perlu menunggu gelar sarjana. Pastikan bahwa keunggulan dan karir yang kamu miliki tersebut dapat membuat anda berhasil tanpa atau dengan perkuliahan.

Saya memutuskan untuk memulai berbisnis mandiri sejak semester lima dan itu sangat membantu saya. Dengan memulai bisnis sendiri, saya dapat mempraktekkan hal - hal yang bersangkutan dengan pelajaran - pelajaran yang saya dapatkan di kampus dan sebaliknya. Seperti contoh adalah kemampuan berkomunikasi. Saya yang kurang dapat berkomunikasi pada akhirnya harus mencoba berkomunikasi demi kelancaran bisnis saya hingga pada akhirnya saya pun jadi lebih dapat untuk berkomunikasi dengan beberapa dosen bukan sebagai dosen saja tetapi juga sebagai konsumen. Kemampuan mencari celah - celah kesempatan mendapatkan keuntungan juga sangat membantu ketika mencari inspirasi menulis proposal. Meskipun akhirnya saya masih harus memperbaiki fokus pembahasan proposal saya, saya telah berhasil menemukan celah topik Virus Corona yang sedang nge-trend sebagai objek penelitian S1 saya semester depan. Seandainya saya pun gagal kuliah, saya pun masih dapat hidup dengan melanjutkan bisnis saya dan itu merupakan keberhasilan. Saya tak perlu khawatir mengenai masa depan karir dunia saya.

Alat untuk menembaki pesawat udara

Ketiga, dukunglah pendapatmu jika itu adalah sesuatu yang benar dan jika belum memiliki pendapat coba lah untuk mencari suatu kebenaran untuk dijadikan pendapat. Ini bukan berarti suatu kesombongan karena kebenaran tetap lah kebenaran meskipun semua orang menolaknya. Jangan ragu untuk mencoba menyalahkan pendapat mahasiswa lain bahkan dosen jika memang dipandang kurang tepat. Hal ini akan melatih kejelian dalam melihat pandangan orang lain sehingga kita tidak begitu saja membenarkan suatu opini dan fakta. Anda tidak harus mengatakan bahwa anda tidak setuju, anda dapat menyimpannya dalam pikiran anda saja untuk dijadikan pengetahuan atau anda praktikkan ketika anda memiliki otoritas lebih. Ketika anda mengerjakan soal - soal ujian pun anda bisa menulis pendapat yang menurut anda lebih tepat daripada pendapat yang diambil oleh dosenmu.

Seringkali, ada pertanyaan menarik namun jawaban dosen atau teman anda yang kurang memuaskan atau bahkan salah. Jangan langsung begitu saja percaya atau menerima tetapi coba lah untuk mengoreksi jawaban tersebut. Anda bisa baca - baca tulisan mengenai hal tersebut dengan berdasarkan pada ketidak-puasan anda. Misalkan, anda bertanya mengenai bahasa hewan dan dosen anda menjawab jawaban terlalu singkat dan sangat tidak memuaskan. Anda bisa mencari bacaan - bacaan mengenai bahasa hewan dengan berdasarkan pada ketidak-puasan anda dan keinginan mencari kebenaran. Setelah mencapai kepuasan anda, anda sudah menjadi mahasiswa yang lebih unggul dari dosen anda dalam masalah tersebut. Itu merupakan sebuah prestasi yang luar biasa ketika anda mengetahui sesuatu yang dosen dan teman - teman anda tidak tahu.

Tiga hal ini lah yang perlu diketahui untuk menjadi mahasiswa unggul. Anda tidak perlu mengejar prestasi atau pun bersaing dengan teman - teman anda. Buatlah persaingan yang berbeda dan membentuk daya saing baru. Begitu lah namanya Blue Ocean Strategy. Tiga tips ini mungkin hanya berlaku ketika anda kuliah di jurusan bahasa dan sastra karena tidak semua tips ini dapat dipratekkan. Ambil seperlunya, sisanya dibuang. Oh ya satu lagi, tentang istilah kebenaran yang saya pakai itu kebenaran dalam science ya. Jadi perhatikan kebenaran itu dalam konteks apa. Kalau dalam konteks science, kebenaran itu mungkin saja bisa dilawan dan disalahkan berbeda. Jadi sah - sah saja menyalahkan kebenaran dalam science selama memiliki data - data yang mendukung. Jadi kesimpulannya, tiga tips di atas cukup membantu menjadi mahasiswa unggul dan mungkin tidak berlaku dalam semua kasus.