Mahasiswa Kupu - Kupu Mencoba Berorganisasi

Tentu salah satu hal diberikan oleh para senior ketika masih mahasiswa baru adalah istilah “Mahasiswa Kupu - Kupu.” Secara sepintas memang istilah ini cukup buruk. Ya ini memang salah satu cara untuk mempengaruhi orang yaitu dengan membuat istilah atau menamai sesuatu dengan hal yang dianggap kurang baik.

Mahasiswa Kupu - Kupu memiliki arti mahasiswa yang tidak memiliki pekerjaan selain perkuliahan sehingga setelah perkuliahan selesai mereka akan pulang; KuPu: Kuliah-Pulang. Saya memang begitu karena kost saya yang terlalu jauh jadi butuh untuk segera pulang. Saya juga memiliki penilaian yang buruk terhadap organisasi - organisasi di kampus sehingga hal ini menghalangi saya untuk tertarik dengan berorganisasi.

Namun, pada semester - semester tiga dan seterusnya, saya mencoba untuk berorganisasi. Ada beberapa organisasi yang saya coba diantaranya adalah organisasi tentang menulis, organisasi pemuda masjid/musholla, dan organisasi debat.

Saya pernah mencoba untuk bergabung dengan organisasi menulis namun salah satu syarat pendaftaran adalah mengikuti suatu kegiatan di luar kampus. Ketika saya menanyakan kepada salah satu peserta mengenai kegiatan apa, dia justru mengatakan datang saja, nanti tahu. Tentu hal ini sangat bermasalah, bagaimana membuat sebuah organisasi yang merahasiakan proses pendaftaran kepada pendaftar, tidak transparan, dan tidak menarik. Saya pun menolak untuk mengikuti kegiatan tanpa kejelasan tersebut.

Kemudian, saya mengikuti organisasi masjid/musholla. Saya banyak belajar dari organisasi ini meskipun saya sendiri bukan lah orang yang aktif karena saya adalah kupu - kupu. Banyak senior yang tampaknya memang kurang memperhatikan para pengurus kupu - kupu. Mungkin juga karena saya tidak ikut rapat - rapat dan saya juga memiliki hawa - hawa superior karena saya lulusan pesantren atau sebaliknya, saya hanya junior yang dianggap tidak paham apa - apa.

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk keluar dari organisasi ini karena saya ingin memulai karir lebih awal dengan berjualan. Saya akan memiliki tanggung jawab lebih ketika nanti saya menjadi seorang senior di organisasi tersebut. Meskipun sebenarnya saya sudah dapat dipastikan tidak akan menjadi senior, para junior tetap akan memandang saya sebagai senior.

Organisasi terakhir yang saya coba ikuti adalah organisasi debat. Ya, saya sebenarnya kurang suka dengan organisasi - organisasi yang tidak bernuansa Islami karena saya akan dihadapkan dengan banyak hal yang saya harus bertindak dan berdampak. Saya pun mencoba terlebih dahulu. Saya tidak diterima di organisasi ini tetapi saya akan ceritakan masa orientasi organisasi ini yang sempat saya ikuti sebagian.

Pada masa orientasi, kami diharuskan untuk mengikuti berbagai penyampaian materi dari para senior. Hal yang membuat saya menjadi tidak menarik adalah semangat mereka para senior. Para senior tidak menekankan pada kepentingan yang bersangkutan dengan permasalahan di masyarakat atau tujuan dari organisasi tersebut. Mereka justru memberikan doktrin - doktrin pribadi mereka yang berbau semangat golongan saja. Bukan hal buruk tapi tentu pada kadarnya.

Hal ini lah yang saya pikir sangat buruk dan berpotensi tidak akan melahirkan manfaat bagi masyarakat. Saya pun memutuskan untuk tidak melanjutkan mengikuti organisasi ini.

Beberapa poin yang ingin saya sampaikan kepada para organisasi - organisasi di kampus - kampus mana saja terutama Unhas adalah: ( 1 ) perbaiki sistem dan buatlah para mahasiswa Kupu - Kupu berguna sehingga mereka tetap bisa Kupu dengan berorganisasi, ( 2 ) jelas, transparan, dan memudahkan terhadap junior, ( 3 ) jangan terlalu banyak semangat kelompok dan tetapi tambahkan motivasi - motivasi yang lebih universal dan bermanfaat bagi masyarakat, dan ( 4 ) perbarui apa yang disebut senior, dan peran mereka.

Saya pribadi mendapat manfaat dari pengalaman - pengalaman berorganisasi yang sesaat tersebut. Saya sekarang merintis organisasi saya sendiri, ASSING. Organisasi ini berusaha untuk membantu para mahasiswa Sastra Inggris Unhas yang memiliki permasalahan kuliah. Jika anda butuh bantuan bisa hubungi saya atau komen di grub ini. Saya dan member ASSING siap membantu.*

*) gratis hingga berbayar. Tergantung permasalahan dan susahnya.