Merubah Motivasi Belajar Bahasa Asing



Menjadi seorang mahasiswa Linguistik di Sastra Inggris Universitas Hasanuddin telah membuka mata saya bahwa bahasa dipelajari dari banyak hal. Saat saya di pondok pesantren misalnya, saya mempelajari bahasa Arab dan ternyata tujuannya adalah untuk mempelajari Al-Qur’an dan Islam. Tentu ini lah mengapa pondok pesantren menghasilkan banyak alumni yang bisa menggunakan bahasa Arab fushaha sehingga memiliki kelebihan dibandingkan penutur asli bahasa Arab zaman sekarang namun sangat kekurangan dalam bahasa – bahasa ‘aamiyah.

Contoh lain adalah pengalaman saya belajar bahasa Inggris sejak sekolah dasar hingga awal perkuliahan. Bahasa Inggris dipelajari untuk menyelesaikan soal - soal ujian atau untuk memahami video - video berbahasa Inggris. Saya banyak berhasil menyelesaikan soal - soal berbahasa Inggris dan tetap hidup di jurusan saya. Dari dua pengalaman tersebut, saya setelah mempelajari linguistik, saya memutuskan untuk melakukan suatu perubahan mendasar ketika belajar bahasa Inggris dan Rusia.




Beberapa motivasi ini mungkin bermanfaat jika diambil tidak seutuhnya karena memang ini tidak dirancang untuk benar seluruhnya. Setidaknya, motivasi – motivasi ini dapat menjadi terobosan bagi anda yang selama ini ragu untuk berbahasa asing.

Saatnya Tetap Asing

Saya menyadari bahwa tidak ada gunanya untuk menjadi penutur asli. Penutur asli bahasa Inggris memang yang menentukan bagaimana bahasa mereka namun itu tidak berarti ketika kita membicarakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. 

Seorang penutur bahasa asing sudah pasti dimaklumi bahwa dia tidak bisa menjadi penutur asli karena memang asing bukan asli. Tidak masalah anda melakukan kesalahan karena memang anda bukan penutur asli.

Saatnya Melawan

Kehadiran bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional dan para penutur yang terlihat memiliki kepentingan yang besar di planet ini sekarang, sebagian kita tentu sangat memiliki kecenderungan untuk meniru bahasa Inggris versi mereka namun saya justru berusaha untuk melawan.

Ini adalah salah satu bentuk dari kolonialis. Saya mencoba melawan apa yang para penutur asli paksakan kepada kita para pelajar bahasa Inggris. Dan, saya berusaha membuat bahasa Inggris dengan standar saya sendiri. 

Saatnya Memiliki

Saya mencoba memiliki bahasa Inggris. Tidak lagi terus mengikuti apa kata para penutur asing, kita mencoba untuk mengakui bahwa bahasa Inggris adalah milik sendiri. Dengan memiliki, tentu kita akan memiliki kebebasan lebih untuk menggunakan bahasa itu.

Saya sendiri pun menjadi lebih berani melakukan kesalahan dan saya tidak mempermasalahkan karena bahasa saya seperti ketika para penutur aslil melakukan kesalahan; kesalahan itu tidak disalahkan.

Saatnya Menyadari

Tiga tahun mempelajari bahasa telah membuat saya menyadari bahwa saya memiliki permasalahan bahasa. Saya sulit memahami pembicaraan orang dan juga sebaliknya. Saya sering melakukan antisipasi terhadap apa yang akan orang pahami seperti yang Leech katakan setelah menyebutkan empat maxim milik Grice.

Saya pun berpikir jika saya memang bermasalah dalam bahasa berarti permasalahan saya akan semakin besar ketika mempelajar bahasa asing. Daripada memikirkan permasalahan, saya pun membuat perubahan yang mendasar bahwa saya membuat standar bahasa saya sendiri dan membiarkan orang lain mencoba memahami saya.

Semua motivasi tersebut baru saya praktikan satu tahun ini. Hasilnya, saya menjadi lebih berani berbicara bahasa Inggris karena saya merasa benar sesuai motivasi saya meskipun secara kenyataan tetap saja salah. Tentu saja setelah belasan tahun terpapar buku grammar, saya tidak dapat merubah pikiran begitu saja ketika berbahasa Inggris. Saya akhirnya lebih fokus memakai motivasi – motivasi ini untuk mempelajari bahasa kelima saya; bahasa Rusia.

Russian keyboard win

Saya sedang mencoba untuk memakai motivasi – motivasi di atas untuk mempelajari bahasa Rusia sejak awal mulai belajar. Meskipun hasilnya belum tampak memuaskan tapi saya dapat menyerap bahasa Rusia. Sebagai bukti saya pernah bermimpi dalam bahasa Rusia dan berani berbicara dengan orang – orang. Saya juga sekarang berani menonton video berbahasa Rusia yang bahkan saya tidak paham sama sekali. Semua ini menandakan bahwa bahasa Rusia mulai tumbuh dan berkembang dalam pikiran saya.

Jika anda memiliki pengalaman yang mirip atau mulai mempraktekkan motivasi – motivasi saya ini, anda bisa membagikan pengalaman anda ke semua lewat komen atau langsung hubungi saya di +6285740640590 (WhatsApp) dan @jingxing (VK)