Yandex: Sebuah Perlawanan Bahasa Rusia

Source: The Moscow Times

Logo Yandex dengan abad Latin


Sebagai perusahaan Rusia yang memiliki konsumen negara - negara yang memakai bahasa ini, Yandex sudah tentu memiliki peran penting dalam penyebaran bahasa Rusia. Sebagai salah satu bahasa dengan pemakai terbanyak di dunia, bahasa Rusia memang memiliki potensi tinggi untuk berkembang namun tentu saja ancaman dari bahasa Inggris juga perlu dipertimbangkan. Di Azerbajian saja misalnya, sebagian orang sudah tidak lagi mempelajari bahasa Rusia dan justru mempelajari bahasa Inggris. Ini bukan lah hal yang buruk namun perlu menjadi pertimbangan bahwa bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara tidak langsung telah melakukan internvensi terhadap bahasa - bahasa lain.

Sebagai pemakai Yandex, saya merasakan bahwa aura bahasa Rusia sangat kuat di berbagai layanan Yandex. Saya akan menjelaskan beberapa poin yang saya alami ketika memakai jasa Yandex. 

Yandex berusaha menyediakan semua yang Google sediakan namun membuatnya tersedia dalam bahasa Rusia. Mulai dari search engine, email, bahkan mesin penerjemahan Yandex menyediakan semua. Hal ini cukup mengherankani bahwa ada industri yang memiliki kemampuan seperti ini selain Google bahkan selain bahasa Inggris.

Yandex Taxi tanpa sopir, foto oleh Yekaterina Volkova

Meskipun banyak kesamaan dengan Google, ada beberapa hal yang keunikan dari Yandex, Yandex tidak hanya berusaha menyediakan apa yang Google sediakan namun juga menyediakan jasa - jasa yang bersifat jasa sosial seperti pencarian lowongan kerja, taksi, toko online, dan lain - lain. Ini adalah sebuah potensi yang sangat bagus bagi Yandex yang tidak hanya berhasil meniru namun juga mengembangkan.

Zen menampilkan berita - berita dari media - media Rusia dan berbahasa Rusia. Zen adalah layanan langganan berita yang terintegrasi dengan Yandex Browser dan beberapa aplikasi Yandex lainnya. Keunikan dari Zen adalah ia menampilkan berita - berita dari media - media berbahasa Rusia dan blog - blog kecil lain berbahasa Rusia. Hal ini menarik karena yang lainnya kebanyakan menampilkan berita - berita berbahasa negara pengguna dan bahasa Inggris. Hal ini akan membuat orang semakin mudah terpapar bahasa Rusia dan tentu mereka akan semakin mengenal bahasa ini.

Saya pernah mencoba untuk mendaftar untuk menulis di Zen, namun ternyata mereka mengharuskan tulisan saya berbahasa Rusia. Hal ini mungkin dikarenakan fitur sejenis blogging pribadi sebenarnya belum tersedia untuk kalangan internasional yang berbahasa Inggris. Langganan berita berbahasa Inggris tetap ada di Zen namun tentu hanya berita - berita dari media - media terkenal dan belum tersedia blogging (atau apalah istilahnya) untuk bahasa selain Rusia.

Banyak aplikasi yang tidak mendukung bahasa Inggris sepenuhnya. Pada asalnya, Yandex memang ditujukan untuk pasar Rusia dan negara - negara yang memakai bahasa Rusia. Hal ini terlihat dari aplikasi - aplikasi dan layanan - layanan Yandex yang sebagian belum tersedia dalam bahasa selain Rusia selain itu juga review - review negatif di Play Store mengenai kurangnya dukungan terhadap bahasa Rusia di beberapa aplikasi yang sebenarnya sudah berbahasa Inggris.

Melihat bahwa bahasa Rusia adalah bahasa yang lebih diutamakan oleh Yandex daripada bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, adalah hal yang jelas bahwa ada usaha atau kebanggaan dalam Yandex dengan penggunaan bahasa Rusia. Hal ini adalah hal yang sangat positif menurut saya karena hal ini akan menambahkan keanekaragaman bahasa di ranah internasional dan dunia tidak menjadi dunia yang hanya penuh dengan bahasa Inggris.

Alice yang berbahasa Rusia. Ini adalah hal yang paling menarik dari Yandex; kemampuan Alice yang dapat dibandingkan dengan voice assistant lain seperti Google Assistant, Siri, Alexa, dan lain - lain. Dilihat dari nama Alice sendiri, nama ini juga terdapat dalam bahasa Rusia namun dibaca kurang lebih seperti dalam bahasa Indonesia; Alisa. Rasa bahasa Rusia sangat tampak dari segi nama dan tentu saja dari hal ini dapat menarik para penutur bahasa Rusia dimana saja berada.

Alice benar - benar telah menunjukkan kemampuan para industri teknologi Rusia dan tentu saja kehebatan para penuturnya. Dengan hadirnya Alice ini, para penutur bahasa Rusia dapat memakai voice assistant dengan bahasa Rusia sepenuhnya. Dan karena pasar Yandex termasuk juga negara - negara yang pecahan Uni Soviet yang masih memakai bahasa Rusia meskipun bukan bahasa pertama, Alice dapat membantu untuk menjaga bahwa tetap adanya bahasa Rusia tentu pada siapa yang memakainya.

Penerjemahan ke bahasa Rusia di Yandex Browser. Meskipun dapat diganti di pengaturan ke bahasa lain, penerjemahan ke bahasa Rusia merupakan pengaturan awal. Tentu dengan adanya penerjemahan seperti ini, orang dapat berkurang dengan ketergantungan akan bahasa Inggris.

Kita bisa melihat kasus di Jepang dimana penerjemahan buku telah berhasil membantu kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Para penduduknya tidak perlu lagi untuk mempelajari bahasa Inggris hanya untuk membaca buku - buku teknologi yang banyak dalam bahasa Inggris karena sudah diterjemahkan. Bahasa Jepang tetap dipakai sementara itu, ketergantungan akan bahasa Inggris dapat dikurangi.

Akhir Kata 

Hal - hal ini hanyalah anggapan saya sebenarnya. Pada kenyataannya pun bisa jadi tidak seperti yang saya bayangkan. Yandex semakin meluaskan pasarnya hingga keluar dari bahasa Rusia sendiri. Hal ini terbukti dengan adanya aplikasi - aplikasi yang telah dibuat dalam bahasa Inggris.

Memandang Yandex sebagai perusahaan berbahasa Rusia, saya sendiri sangat mengharapkan bahwa Yandex akan menjadi ikon bagi bahasa Rusia itu sendiri. Dunia yang dipenuhi bahasa Inggris memang terlihat keren, namun keanekaragaman bahasa harus tetap dijaga sebagaimana kekayaan alam yang harus dilestarikan.

Always use the online HTML Editor to compose the content for your website easily.