Headphone untuk Belajar Bahasa


Headphone Untuk Belajar Bahasa

Created Selasa 28 - 31 Juli 2020

*) Saya memakai istilah headphone karena di Wikipedia, mereka pakai istilah ini untuk merangkap headset, earphone, dan sebangsanya.

Latar Belakang

Belajar bahasa memang sangat seru terlebih lagi ketika listening. Mendengarkan penutur asing berbicara merupakan suatu tantangan tersendiri. Mulai dari melihat bibir mereka bergerak hingga detail bunyi yang dikeluarkan. Belum lagi ketika mempraktikkan pengucapan bunyi dengan membayangkan bagaimana bunyi dihasilkan. Semua itu adalah salah satu keseruan dari listening.

Permasalahan

Namun seringkali kita terbatasi menikmati bahasa asing karena kualitas dari speaker/headphone yang kurang bagus. Bukan hal mustahil pula kita mendapatkan nilai yang jelek hanya karena kualitas perangkat yang tidak mumpuni. Perangkat yang kurang bagus juga dapat menghasilkan bunyi yang tidak seperti aslinya dan tentu saja akan menyusahkan anda untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi. Oleh karena itu lah, diperlukan headset atau speaker yang tepat untuk menghasilkan hasil dan kenikmatan yang maksimal.

Solusi

Berikut adalah beberapa fitur yang harus ada di headset anda untuk anda menikmati belajar bahasa dengan lebih baik.

Hi-Fi

High FIdelity (Hi-Fi) adalah fitur yang terpenting dalam memilih headset untuk belajar bahasa. Dengan fitur ini, anda dapat mendengarkan suara dengan sangat detail. Ini akan sangat membantu anda untuk membedakan fonem - fonem yang tampak mirip padahal beda. Fitur ini adalah kewajiban bagi anda yang memang sedang belajar bahasa dengan bunyi yang benar - benar berbeda dari bahasa anda. Misalnya anda orang Inggris yang sedang belajar bahasa Rusia. Bahasa Rusia memiliki bunyi yang sangat susah dimengerti untuk penutur bahasa Inggris. Dengan teknologi Hi-Fi, anda akan dapat terbantu untuk membedakan fonem - fonem yang terdengar mirip dan membedakan tekanan pada setiap suku kata.

Crystal Clear

Fitur ini mungkin memang tidak sepenting Hi-Fi namun fitur ini cukup membantu supaya suara terdengar jernih. Kejernihan sangat diperlukan jika anda ingin mendengarkan suara yang tampak seperti asil. Dengan kata lain, fitur ini dapat membuat anda mendengarkan suara headphone seperti suara asli. Saya memang bukan ahli di bidang persuaraan namun pengalaman saya memakai headphone dengan teknologi ini mengatakan bahwa teknologi ini membuat suara headphone seperti nyata. Seolah - olah anda mendengar suara asli.

Stereo

Fitur ini sebenarnya sudah ada di hampir semua headphone dengan harga 15 ribu ke atas. Hanya saja, anda perlu untuk memastikan bahwa stereo yang dihasilkan adalah seimbang antara kanan dan kiri. Stereo memungkinkan headphone untuk menghasilkan channel suara lebih dari satu (biasanya dua channel). Channel itu maksudnya sejenis dengan sumber suara. Jadi headphone stereo itu suara kanan dan kirinya berbeda sehingga akan menghasilkan bunyi yang lebih nyata. Misalnya, jika anda bermain game tembah - tembakan, jika ada musuh menembak dari arah kanan, maka anda akan mendengar suara tembakan dari telinga kanan lebih besar daripada sebelah kiri. Hal ini tentu akan menambahkan pengalaman yang berbeda ketika anda mendengar video atau audio yang memang mendukung stereo untuk pengalaman audio yang maksimal.

Noise-Isolating

Jika anda tidak ingin terganggu oleh kebisingan dari luar, maka fitur ini adalah wajib. Dengan Noise-Isolating, headphone akan mengurangi atau menahan suara yang dari luar yang masuk ke telinga sehingga terciptanya ruangan kedap suara di telinga anda. Fitur ini sebenarnya memang tidak terlalu penting, namun jika anda memerlukan ketenangan maka ini adalah sebuah pilihan yang cocok. Sebagai tambahan, daripada anda mendengar headphone dengan suara tinggi, jauh lebih bijak jika anda menggunakan headphone yang memiliki fitur noise-isolating untuk mengurangi kebisingan dari luar yang masuk ke telinga.

Noise-Cancelling

Ini fitur biasa ada di headphone yang mahal, namun fitur ini ada di headphone - headphone yang cukup terjangkau hanya saja dalam bentuk pasif (passive-noise cancelling). Ini sebenarnya adalah fitur untuk microphone (bukan speaker). Jadi, fitur ini ditujukan untuk anda yang memang ingin memanfaatkan microphone bukan sekedar suara dari speaker headphone saja. Jika menggunakan headphone dengan fitur ini, maka suara yang mengganggu seperti suara angin, bising - bising dari jalanan, dan lain - lain akan menjadi tidak terekam.

Kesimpulan

Lima fitur ini adalah fitur yang direkomendasikan bagi anda yang ingin membeli headphone untuk belajar bahasa. Mungkin sebagian anda memang merasa tidak memerlukannya namun tentu bagi mereka yang ingin mencoba pengalaman lain, hal - hal ini perlu untuk dpertimbangkan.

Lebihi lanjut lagi, jangan lupa untuk memastikan bahwa headphone yang anda pakai itu nyaman di telinga. Sebagus - bagus headphone jika tidak nyaman di telinga anda tentu itu cukup disayangkan.

Iklan: Saya jualan headset juga, jika mau beli bisa hubungi saya di +628-740-640-590

The easiest Rubik's Cube solution is available here in many languages. Learn it in an hour to impress your friends.