10 Aplikasi Favorit Linux: Edisi September 2020

Sebagai pengguna Linux, adalah suatu hal yang menarik untuk berbagi aplikasi favorit bagi saya. Ekosistem aplikasi di Linux yang mungkin tidak seperti di Windows dan MacOS seringkali mengharuskan pengguna baru untuk mencari - cari aplikasi yang cocok. Dan tentu saja itu tidak mudah bagi pengguna pemula. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi beberapa aplikasi favorit saya di Linux.
 
Saya memakai Zorin OS 15.2 Ultimate yang berbasis pada Ubuntu 18.04 (Bionic Beaver). 

 
Beberapa aplikasi favorit saya di Linux 

1.WPS Office

WPS adalah aplikasi office yang menurut saya paling menarik di Linux. Tampilan lebih menarik daripada aplikasi - aplikasi sejenis lainnya di Linux. Aplikasi ini masih tergolong ringan juga meskipun mungkin lebih berat daripada pesaing - pesaingnya. Paling enak untuk keperluan tulis - menulis karena beberapa fitur yang dibuat sangat membantu penulisan. Sayangnya aplikasi ini sedikit susah untuk masalah teknisi tertentu seperti fitur print dan back-up save.

2.Audiocius

Aplikasi pemutar audio ini sangat menarik karena lebih simple jika dibandingkan dengan aplikasi - aplikasi sejenisnya. Fitur tambahan plug-in yang cukup banyak sangat membantu. Pemutar audio sederhana dengan fitur standar terbaik adalah Audiocius.

3.VLC

Aplikasi pemutar media terbaik di Linux tentu saja adalah VLC. Memiliki berbagai fitur yang jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan pemutar - pemutar media lainnya. VLC mendukung pemutaran semua format audio dan video. Lebih dari sekedar pemutar audio, VLC mampu mampu untuk konversi video, audio, dan bahkan mampu memotong video. Fitur - fitur ini lah yang mengapa VLC jauh lebih baik daripada pesaing - pesaingnya.

4.Standard Notes

Anda mencari aplikasi catatan terbaik di Linux? Sangat direkomendasikan Standard Notes. Standard Notes merupakan aplikasi catatan yang gratis dengan fitur lengkap dan berbayar dengan fitur - fitur tambahan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sinkronisasi cross-platformnya yang sangat membantu. Dengan memiliki akun Standard Notes, anda dapat menghubungkan aplikasi - aplikasi Standard Notes anda yang ada di Windows, Android, Linux, mau pun MacOS.

5.Yandex Browser

Jika anda mencari browser yang berbau bahasa Rusia, Yandex adalah pilihan utama. Yandex Browser adalah browser yang berbasis Chromium yang dikembangkan oleh Yandex. Karena berbasis Chromium, Yandex Browser memiliki kemampuan selayaknya Google Chrome (browser terbaik hingga saat ini). Adapun kelebihan Yandex jika dibandingkan dengan Google Chrome adalah kemampuan voice assistant Alice yang sangat menawan. Google Chrome, Chromium, mau pun Yandex Browser adalah tiga browser yang memiliki kualitas hampir sama dan bisa diandalkan.

6.LibreOffice Draw

Aplikasi untuk membuat poster? Jawabannya adalah LibreOffice Draw. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan membuat poster - poster sederhana. Bagi yang tidak bisa memakai aplikasi desain seperti Inkspace dan GIMP, LibreOffice Draw cukup membantu. Selain dapat digunakan untuk membuat poster, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit dokumen berformat pdf. Ini adalah salah satu alasan paling kuat untuk memiliki aplikasi ini. Edit PDF lebih mudah dan gratis dengan LibreOffice Draw.

7.BuckleSpring

Ingin mengetik dengan suara - suara dengan tenang namun tidak sepi? BuckleSpring adalah aplikasi yang membuat keyboard anda berbunyi layaknya keyboard - keyboard zaman kuno. Bunyi yang dihasilkan pun tidak sembarangan. Bunyi - bunyi akan terdengar bervariasi tergantung tombol apa yang anda tekan. Selain variatif dalam hal suara, bunyi - bunyi juga stereo. Maksudnya, memiliki perbedaan antara speaker kiri dan kanan sehingga akan terdengar lebih nyata.

8.RetroArch

Bermain game - game lawas lewat emulator adalah solusi termurah untuk memainkan kembali game - game tersebut. RetroArch menawarkan hal ini dengan cara yang lebih baik daripada emulator – emulator konvensional lainnya. Menawarkan sebuah aplikasi yang all in one, RetroArch adalah satu aplikasi yang berisi puluhan emulator untuk memainkan game – game konsol lawas. Tidak sekedar emulator saja, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur seperti shader, cheat, dan lain – lain. Jika anda adalah pemain game – game lawas, RetroArch adalah aplikasi yang wajib anda install.

9.FireFox Web Browser

Jika anda mencari web browser yang lebih nyaman dari iklan dan keamanan privasi anda maka jawabannya adalah FireFox. Browser yang dikenal dengan nama Mozilla FireFox ini merupakan salah satu browser terbaik hingga saat ini. Berbeda dengan para pesaingnya seperti Chrome dan Safari, FireFox memiliki daya tarik dalam hal open source, privasi, dan pemblokiran iklan. Jangan lupa juga ekstensi Enhancer for YouTube yang akan memberikan anda pengalaman baru menonton YouTube. Jika anda adalah orang yang sangat khawatir akan privasi anda, FireFox adalah browser yang wajib anda miliki.

10.Zorin Connect

Pernahkan anda berpikiran untuk mengontrol laptop anda lewat HP? Jika anda ingin melakukannya maka Zorin Connect adalah solusinya. Dengan aplikasi ini, anda dapat menjadikan HP anda sebagai mouse, keyboard, remote presentasi, remote media, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini mirip dengan KDE Connect hanya saja mungkin dengan modifikasi yang jauh lebih baik. Zorin Connect mungkin hanya tersedia untuk Zorin OS, namun jika anda aplikasi alternatif maka KDE Connect dapat menjadi pilihan juga.
 
Itu adalah 10 aplikasi favorit saya. Jika anda memiliki pertanyaan berkenaan dengan aplikasi di Linux, anda bisa tanyakan di komen atau langsung chat saya saja di +6285740640590