FocusWritter: Aplikasi untuk Fokus Menulis

FocusWriter merupakan aplikasi untuk menulis yang luar biasa. Berbeda dengan aplikasi - aplikasi seperti wordprocessor lainnya yang kaya akan fitur, aplikasi ini memiliki daya tarik yang sangat berbeda.

Aplikasi ini memiliki daya tarik untuk membantu penulis supaya lebih fokus dalam menulis. Bagaimana cara aplikasi ini membantu anda menulis lebih fokus? Berikut penjelasannya


Sumber: Techradar

FULLSCREEN DAN HANYA MENAMPILKAN BACKGROUND DAN TULISAN

Banyak wordprocessor yang memiliki fitur - fitur luar biasa. Alih - alih membuat fitur yang bermanfaat, terlalu banyak fitur justru membuat sebagian orang terganggu. Menulis sembari melihat hal - hal yang sebenarnya tidak bermanfaat ketika menulis. Ini lah yang menjadi daya tarik FocusWriter, sebuah aplikasi sederhana dengan fitur minimum namun mampu memberikan ketenangan menulis yang ekstra.

Fitur fullscreen membantu anda supaya tidak melihat hal - hal di luar aplikasi seperti jam, tanggal, baterai, bahkan notifikasi. Ini akan membuat mata anda benar - benar terisolasi dari hal - hal yang mengganggu mata dan konsentrasi anda.

Ketika anda mulai menulis (sejak pertama membuka aplikasi), aplikasi ini pun hanya menampilkan background gambar dan kotak tempat anda anda menulis. Background membantu anda untuk lebih menenangkan diri dengan melihat warna dan gambar pilihan. Jadi, anda tidak akan terlalu bosan ketika menulis.

BUNYI KETIKAN YANG MENENANGKAN

Bunyi keyboard merupakan salah satu hal yang cukup susah dijumpai di zaman sekarang ini. Banyak keyboard yang tidak berisik dan tenang. Ini memang bagus untuk pemakaian biasa. Namun, bunyi keyboard ternyata memiliki rasa tersendiri ketika menulis.

Meskipun berisik, bunyi keyboard sebenarnya cukup membantu untuk menenangkan pikiran untuk sebagian orang. Bunyi keyboard memberikan sensasi tersendiri ketika menulis. Membuat anda merasa benar - benar menulis. Menulis menjadi bukan hanya sekedar menghasilkan tulisan yang hanya terlihat di papan ketik tetapi juga menghasilkan suara yang menenangkan pikiran.

FITUR TEKS YANG DIFOKUS

Fitur ini mungkin yang benar - benar spesial. Dengan fitur ini tulisan anda akan menjadi sedikit buram pada bagian yang tidak sedang anda tulis. Bagian yang jelas tampak hanyalah bagian yang sedang anda tulis.

Ini benar - benar membantu anda untuk tidak hanya fokus dalam menulis secara keseluruhan tetapi juga lebih fokus dalam menulis hal yang lebih spesifik seperti membuat paragraf yang lebih bagus.

TARGET HARIAN

Aplikasi ini juga menyediakan fitur target harian. Anda dapat membuat target berapa jumlah kata yang anda tulis dalam sehari. Penyelesaian target pun diukur dalam bentuk persen. Jadi anda dapat melihat dalam sehari, anda telah berapa persen menyelesaikan target. Pencapaian anda pun akan tercatat; meskipun tidak terlalu detail tapi sangat membantu untuk tetap dalam jalur.

KEKURANGAN

Aplikasi ini memang hadir sebagai wordprocessor yang ideal untuk seorang penulis yang hanya membutuhkan tulisan namun tidak untuk sebagian orang. Bagi anda yang ingin menyisipkan gambar dalam tulisan, aplikasi ini sama sekali tidak dapat diandalkan. Aplikasi ini tidak mendukung anda untuk menambahkan gambar atau media lain dalam tulisan anda. Aplikasi yang sempurna untuk tulisan tapi tidak untuk yang lain.

KESIMPULAN

Dengan segala kesederhanaannya, aplikasi ini benar - benar menawarkan sensasi tersendiri dalam menulis. Fitur - fitur minimum untuk fokus yang maksimum benar - benar terlaksana dalam aplikasi ini.

Saya telah mencoba selama beberapa hari dan hasilnya menakjubkan. Saya dapat membuat tulisan dengan jumlah kata yang cukup banyak. Yang pada awalnya saya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk membuat 200 kata itu belum termasuk membuat paragraf yang bagus, saya sekarang dapat menulis 300 kata dalam bentuk paragraf yang rapi.

Bagi anda yang menulis, aplikasi ini sangat cocok untuk membantu aktifitas menulis anda lebih tenang dan efisien. Meskipun begitu, dengan keterbatasan fitur, seringkali aplikasi ini tidak dapat diandalkan untuk menghasilkan tulisan yang siap publikasi.

Tempat Download

FocusWriter adalah aplikasi yang free dan open sehingga tidak perlu khawatir ke-legal-illegal-an aplikasi ini. Pastikan anda mendapatkan aplikasi ini di situs terpercaya.

Untuk Linux, aplikasi ini sudah tersedia di Snap Store atau pun di repository Ubuntu dan Linux lainnya. Anda cukup membuka Software Center atau terminal dan mendownload-nya. Sangat mudah dan simple.

Untuk pengguna Windows dan MacOS, mungkin Softpedia dan Techspot adalah pilihannya. Dua situs ini terkenal dan sejak lama menyediakan aplikasi lainnya, jadi mungkin jaminan aman dari virus lebih baik.

Jika anda tertarik lebih mendalam anda bisa mendapatkan source code di GitHub.