Hai Facebook: Beberapa Hal Mengapa VK Lebih Baik



Bulan ini, saya mencoba untuk memutus hubungan dengan Facebook pribadi saya (@iqbaljingxing) dan itu cukup berhasil. Ya, pikiran saya menjadi lebih baik tapi saya juga masih memiliki masalah lain; “YouTube”. Hehe

Berbicara mengenai keputusan saya berhenti dari Facebook, saya perlu juga memberikan solusi atau setidaknya alternatif. Saya telah mencoba untuk mencari beberapa sosial media yang mirip dengan Facebook namun Open Source dan saya tidak menemukannya. Akhirnya, saya memutuskan untuk memakai VK sebagai tempat saya bersosial media.

Saya tahu bahwa VK memang lebih buruk dari Facebook untuk beberapa permasalahan namun di sisi lain, VK lebih sesuai dengan kebutuhan saya pribadi. Berikut adalah beberapa poin alasan “Mengapa VK Lebih Baik”

TIDAK TERLALU CANGGIH

Kecanggihan atau kemajuan teknologi memang luar biasa namun berarti itu selalu baik. Facebook sebagai media sosial tampaknya memang sangat canggih bahkan bagi saya terlalu. Dengan kecanggihannya, saya dapat terus memakai Facebook, kecanduan, dan tidak berhenti seolah - olah dia tahu kebutuhan dan keinginan saya.

VK berbeda dengan Facebook, dia lebih jelek dan tertinggal. Ini artinya saya lebih memiliki kebebasan untuk terlepas dari kecanduan yang tidak berhenti. Saya juga akan lebih mudah melihat apa

KEAMANAN DATA LEBIH JELAS

Sebagai sebuah media sosial dari Rusia, tentu saja kecurigaan akan backdoor dari Federasi Rusia tinggi. Ini memang ada benarnya namun bukan berarti ini adalah hal yang selalu buruk. Dalam beberapa keadaan, dengan adanya kecurigaan akan adanya backdoor, kita menjadi lebih was - was dan berhati - hati menyebarkan privasi.

Media sosial seperti Facebook, mungkin saja lebih tampak aman dari backdoor, tapi apakah itu berarti tidak ada backdoor sama sekali? Jawabannya tentu saja masih meragukan. Misalnya saja kasus Cambridge Analytics saat pemilu Donald Trump. Banyak orang terkejut; mengapa terkejut? Karena mereka merasa bahwa selama ini FB adalah aman - aman saja.

VK memiliki jawaban yang lebih pasti berkenaan dengan backdoor; yaitu Federasi Rusia dapat mengakses data anda. Ini berarti ada kejelasan lebih berkenaan dengan data anda. Ketika anda memakai VK, anda akan lebih berhati - hati dan tetap menaruh curiga. Oleh karena itu, VK meskipun lebih tidak aman dari backdoor, ia lebih jelas bahwa data anda dapat diakses oleh pemerintah Rusia.

“Dalam beberapa keadaan, kejelasan lebih baik daripada sekedar perasaan aman.”

LEBIH SEPI KONTEN BERBAHASA INGGRIS DAN INDONESIA

VK sebagai media sosial dari Rusia, tentu saja pemakainya akan lebih banyak dari Rusia dan negara - negara di sekitarnya. Tentu saja konten yang ada dalam VK pun akan banyak berisi bahasa - bahasa dari daerah tersebut.

Dengan banyaknya konten dengan bahasa yang benar - benar berbeda dari apa yang kita pahami, VK dapat menjadi alternatif untuk belajar bahasa. Anda akan bertemu dengan dunia asing tanpa ada panduan. Ibarat adalah ketika anda mencoba untuk

Mungkin dengan FB anda juga dapat menemukan konten dalam bahasa Rusia, tapi tentu saja FB tidak akan berhenti disitu. FB akan memberikan saran dan iklan yang sesuai dengan lokasi dan bahasa yang anda pakai. Hal ini akan menyebabkan anda kem

PAPARAN BAHASA RUSIA

Jika anda ingin mempraktikkan bahasa Rusia anda, VK adalah media sosial yang tepat. Berbeda dengan Facebook yang dipernuhi konten dengan bahasa anda, VK yang kurang ramah untuk selain bahasa Rusia adalah pilihan lebih baik. Fitur terjemahan Facebook yang tampaknya membantu tentu juga membuat anda semakin tergantung dengan terjemahan sehingga VK dalam kondisi seperti ini tetaplah lebih bagus dari Facebook.

Minimnya konten berbahasa selain Rusia meskipun suatu kekurangan dalam satu hal adalah kelebihan VK.

Jika anda mencoba untuk merasakan bahasa Rusia sepenuhnya, maka VK adalah pilihan yang sangat tepat.

AUDIO PLAYER

Berbeda dengan media - media sosial biasa, media sosial yang berasal dari Rusia biasanya memiliki fitur audio player. Ini mungkin tidak terlalu penting namun untuk sebagian orang fitur ini adalah bagian dari kebutuhan utama. Media sosial dan audio player menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian orang oleh karena itu mengapa tidak menyatukan saja keduanya.

Dengan VK, anda dapat melakukan streaming audio yang telah tersedia. Bukan hanya audio biasa namun juga audio - audio dari artis terkemuka.

Anda juga dapat upload audio anda sendiri dan menikmatinya secara online. Anda tidak perlu lagi untuk menyimpan audio - audio di memori telepon, cukup upload dan anda bisa menikmatinya selama di semua perangkat melalui VK.

Hemat penyimpanan dan fleksibel.

KONTEN AUDIO DAN VIDEO YANG CUKUP MEMUASKAN

VK seringkali menjadi tempat untuk upload konten audio dan video berbayar hasil pembajakan. Saya pernah menjumpai bahkan ada grup yang membuat penggalangan dana untuk membeli akun premium suatu layanan video. Lalu, mungkin akun premium ini lah yang kemudian digunakan untuk membajak.

Entah bagaimana, VK terkenal dengan komunitas - komunitas konten - konten bajakan. Tapi mungkin di kalangan orang Indonesia belum terlalu mengenal sosial media ini. Mungkin saja dikarenakan kebanyakan konten menggunakan bahasa Rusia.

Konten - konten legal resmi dari berbagai stasiun TV dan channel Rusia pun juga banyak ditemui di VK. Stasiun TV Rusia biasanya memang memiliki konten premium dan gratis. Sebagian tayangan premium bahkan tersedia gratis untuk beberapa saat.

TEMPAT MENYIMPAN FILE

VK menyediakan fitur untuk upload dokumen, video, foto, dan audio anda.

Ini tentu cukup membantu untuk menyimpan dokumen - dokumen yang mungkin diperlukan kapan saja dan kita tidak ingin terlalu susah mencarinya di gudang awan atau pun memori HP.

LEBIH SEDIKIT IKLAN

Sebagai media sosial yang tidak terlalu hebat, VK memiliki kekurangan dalam masalah iklan. Saat anda memakai VK, hampir saja anda tidak akan menjumpai iklan. Saat scrolling beranda, anda mungkin hanya akan mendapatkan iklan dari teman anda yang ternyata adalah penjual atau pun bot. Itu pun berbahasa Rusia sehingga anda tidak akan paham dan tidak menghiraukannya.

Hal ini entah dikarenakan iklan tidak tersedia di Indonesia atau memang VK yang kurang canggih.

Saat anda browsing video, mungkin anda akan melihat berbagai rekomendasi video yang mungkin saja berbau iklan. Anda sebenarnya juga tidak dipaksakan untuk melihat rekomendasi tersebut karena anda dapat melihat video dari

LEBIH SEPI NOTIFIKASI

Facebook memang sangat pandai untuk memancing pengguna untuk terus menggunakan. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana memberikan notifikasi. Jika teman anda melakukan sesuatu, anda akan mendapatkan notifikasi. Ada postingan baru di grup, muncul notifikasi. Jika ada teman baru pun anda akan mendapatkan notifikasi untuk memberikan salam. Bahkan, terkadang saran pertemanan pun muncul di notifikasi.

VK berbeda, anda akan lebih jarang mendapatkan notifikasi. Hal yang mungkin muncul adalah fitur ulang tahun, pertemanan diterima dan permintaan, dan respon terhadap postingan anda. Di VK, notifikasi aktifitas grup sepertinya dimatikan secara default. Saya kurang tahu sejauh ini.

KESIMPULAN

Dari semua hal tersebut, hal paling inti adalah bahwa Facebook sebagai media sosial di barisan depan seharusnya mencoba untuk belajar dari mereka yang terbelakang. Keterbelakangan bukan berarti adalah selalu buruk.

Dan saya adalah salah satu orang yang merasakan bahwa VK untuk sementara ini lebih nyaman daripada Facebook. VK tidak memberikan gangguan berarti bagi hidup saya. Hidup dan waktu saya menjadi lebih berarti setelah meninggalkan Facebook dan VK menawarkan beberapa hal yang saya butuhkan.