Mengapa Mahasiswa Sastra Inggris Harus Mempelajari Bahasa Rusia?

 


Latar Belakang

Saya sekarang sedang mempelajari bahasa Rusia dan sudah satu tahun ini. Meskipun tidak terlalu serius, saya tetap merasakan hasil yang lebih baik secara komunikasi verbal daripada ketika saya dahulu belajar bahasa Inggris atau pun bahasa Arab dengan jumlah waktu yang sama. Intinya, saya telah merasakan hasil dari saya belajar bahasa Rusia.


Topik

Setelah satu tahun mempelajari bahasa Rusia, saya akan memberikan hal-hal yang menurut saya sangat terasa sebagai seorang yang memiliki latar belakang linguistik dan berkuliah di Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin. Setidaknya saya akan memberikan tiga poin utama untuk topik ini.


1. Menambah wawasan linguistik baru

Mempelajari bahasa baru, anda akan terhubung dengan dunia baru.

Bahasa Rusia sebagai bahasa Slavik adalah bahasa yang tidak satu rumpun dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa West German. Perbedaan ini lah yang tentu saja akan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa Sastra Inggris. Kosakata, susunan kata, idiom, dan lain-lain sangat berbeda dari bahasa Inggris. Bahkan bahasa Rusia sendiri merupakan salah satu bahasa internasional yang susah dipelajari oleh penutur bahasa Inggris.


Mungkin perbedaan yang jelas adalah perbedaan kosakata dan struktur, namun lebih dari itu, ada perbedaan lain. Linguistik tidak terbatas pada lapisan struktural saja namun bisa dipandang jauh lebih luas lagi. Kita ambil contoh saja perbedaan nama warna dalam bahasa Rusia dan Inggris. Dalam bahasa Rusia, biru terbagi dalam dua kategor Siniy dan Galuboy, sementara dalam bahasa Inggris, semua disebut Blue. Hal-hal seperti ini tampaknya kecil namun sebenarnya telah membuat perdebatan diantara para peneliti bahasa mengenai relativisme bahasa.


2. Lebih memahami permasalahan yang berhubungan dengan bahasa
asdfdasf
India adalah salah satu negara dengan keberagaman dan permasalahan bahasa

Bahasa Rusia adalah salah satu bahasa yang berdaya pengaruh kuat dan cukup sukses mempertahankan eksistensinya. Dengan empelajari bahasa Rusia dan melihat bagaimana perjuangan bahasa Rusia untuk tetap menjadi bahasa besar, kita bisa melihat bagaimana bahasa ini mampu tetap kuat ditengah eksistensi bahasa Inggris yang tampaknya menggoyahkan bahasa-bahasa lain.


Saya akan ambil pengalaman saya memakai sosial media berbasis bahasa Rusia dan Rusia seperti Yandex, VK, OK dan lain-lain. Ambil contoh Yandex. Perusahaan ini dikenal sebagai Google-nya Rusia. Layanan2nya memang tersedia dalam berbagai bahasa namun bahasa native-nya Rusia sehingga konten-konten berbahasa Rusia dengan mudah anda temui.


Bisa jadi disebabkan pasar Yandex adalah ke negara-negara pecahan USSR dimana bahasa Rusia dipakai. Namun lebih dari itu, ini juga berarti adalah bagaimana pemeliharaan bahasa Rusia supaya tetap ada. Kebanggaan berbahasa Rusia.


3. Mengurangi pengagungan terhadap bahasa Inggris dan penuturnya

Patung Ibu Pertiwi Memanggil adalah penggambaran besarnya cinta tanah air di Rusia

Ketika mempelajari suatu kesastraan Inggris, tentu saja mahasiswa Sastra Inggris akan juga membaca buku-buku yang ditulis oleh penulis dari Inggris, dan Amerika yang mungkin kita sebut dengan Barat saja. Tidak sekedar buku sebenarnya, berita dan tontonan lainnya pun ikut bergeser ke sana juga. Sengaja mau pun tidak, kita mulai untuk mengagungkan mereka dan berusaha untuk meniru atau pun menerapkan apa yang kita pahami dari mereka. Tidak jarang pula, kita mulai mengoreksi apa yang berseberangan.


Setelah saya melihat konten-konten dari bahasa lain salah satunya berbahasa Rusia, saya mulai menyadari bahwa memang bahasa Inggris bukan lah satu-satunya bahasa dan penutur2nya bukan lah juga yang terhebat. Di sana banyak bahasa yang membawa gagasan-gagasan yang tidak pernah terdengar hanya karena tidak berbahasa Inggris. Banyak juga kehebatan-kehebatan penulis lain selain bahasa Inggris yang tak tersentuh karena berbeda arah dari peradaban Barat. Di sana banyak sekali keunikan yang tak terbatas dan semua tidak hanya hanya berbahasa Inggris.


Kesimpulan

Mempelajari bahasa Rusia memang tidak memiliki manfaat praktis seperti bahasa Inggris sebagai mahasiswa Sastra Inggris, namun akan memberikan anda pelajaran besar bahwa bahasa Inggris bukan lah satu-satunya dan pentingnya untuk memahami bahasa lain.


Sudah saatnya kita untuk melangkah lebih dari bahasa Inggris dan para penuturnya. Kita tidak lagi mencoba meniru tetapi kita mencoba berubah dan berevolusi menjadi yang lebih baik. Dan ini proses ini sedang terjadi pada bahasa Rusia.