4 Distro yang Ringan; Anda Mungkin tidak Tahu

Banyak sekali beredar di internet rekomendasi distro Linux yang ringan dan ramah untuk perangkat-perangkat lama. Namun, semuanya kebanyakan akan menjurus ke Lubuntu, Xubuntu, Puppy Linux, Bodhi Linux, dan lain-lain. Tulisan ini akan memberikan anda alternatif distro Linux ringan yang lain yang mungkin saja anda belum ketahui.

Linux Ringan; You might don't know



MX LINUX

MX Linux saya dengan Budgie. Saya suka yang polos2 jadi tidak desktop-nya pilih kosongan.

Anda harus tahu bahwa MX Linux lebih ringan daripada distro seperti Lubuntu mau pun Xubuntu. Saya lebih jarang mengalami freeze ketika membuka browser dengan banyak Tab.

OS ini juga tersedia versi 32-bit dan masih terus didukung sehingga buat perangkat yang terlalu berat memakai 64-bit, OS ini adalah pilihan yang tepat.

MX Linux adalah sebuah sistem operasi yang seutuhnya tetapi juga ringan dan memiliki dukungan perangkat lama.


RASPBERRY Pi OS
Tampilan Raspberry Pi OS | sumber Softpedia

Sistem operasi yang sebenarnya rilis untuk perangkat Raspberry Pi tapi ini ternyata juga tersedia di komputer desktop.

Untuk keringanan sudah tentu sangat ringan. Distro ini dirancang untuk dapat dijalankan di perangkat dengan RAM 1GB seperti Raspberry Pi 3. Karena ini lah, sudah tentu saja OS ini sudah tentu sangat ringan dijalankan di laptop-laptop tua anda.

Melihat trend perangkat Raspberry Pi, adalah hal yang cukup meyakinkan bahwa sistem operasi ini akan terus memiliki dukungan; ini adalah nilai plus dari Raspberri Pi OS.

Sebagai sistem operasi resmi dari Raspberry Pi, sistem operasi ini sudah tentu sangat ringan dan dukungan yang bukan main-main.


DIETPi

Anda harus mengatur sendiri DE dan aplikasi-aplikasi apa saja yang akan diinstall saat proses install OS. | Sumber cnx-software.com


Dietpi, seperti Raspberry OS, dirancang untuk Raspberry Pi namun lebih ringan dan mungkin terkesan DIY. Anda harus memilih sendiri DE yang dipakai dan lain-lain saat proses penginstalan. Selain itu, OS ini memiliki banyak variasi untuk berbagai perangkat di luar Raspberry seperti Orange Pi, NanoPi, dan lain-lain. Termasuk juga dengan desktop.

Kesimpulannya, Dietpi adalah alternatif yang lebih ringan dari Raspberry OS namun tentu saja tidak ready-to-use.


KolibriOS


Tampilan KolibriOS | sumber wiki.kolibiros.org

Memang tidak sehebat distro-distro mainstream lainnya, distro asal Rusia ini dengan fitur sangat minim tapi mampu memberikan anda sebuah OS yang ringan dan "dapat digunakan" untuk perangkat-perangkat tua anda. Bahkan untuk perangkat yang lebih tua dari umur anda sendiri. Spesifikasi minimum untuk distro ini hanya 8 Mb RAM. Sebuah spesifikasi yang sangat fantastis.

Jika anda membutuhkan sistem operasi yang super-ringan, maka KolibriOS adalah sebuah pilihan.

Edit) KolibriOS bukan Linux


Kesimpulan

Jika anda ingin mencari OS desktop yang sangat sempurna maka MX Linux adalah pilihan untuk anda. Namun, jika anda ingin yang lebih ringan tapi tetap mudah digunakan maka Raspberry OS. Ingin lebih ringan lagi tapi agak ribet, coba DietPi. Tapi... kalau mau paling ringan, silahkan coba KolibriOS.

Jangan buang-buang kompuer atau laptop tua anda, anda masih dapat menggunakan sistem operasi Linux yang ringan.