Main Game di Linux

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan. Perkembangan teknologi dan inovasi Linux yang semakin hari semakin mudah digunakan dan dikenal oleh semua kalangan. Tidak sedikit pula, orang-orang menyadari pentingnya menggunakan software yang legal sehingga Linux adalah pilihan legal tanpa berbayar terfavorit. Linux memiliki akan semakin dikenal.

Bagi pengguna baru Linux, semua kebutuhan yang sebelumnya ada di Windows sudah tersedia dan cukup memuaskan namun ada satu hal yang tampaknya sangat kurang. Linux masih kalah jauh dari Windows dan sistem operasi lain jika berkaitan dengan gaming. Pasar gaming bukan lah pasar yang kecil sehingga hal ini merupakan hal yang mengganjal bagi mereka yang baru saja mencoba Linux.

Bermain game itu sangat menyenangkan

Oleh karena itu, tulisan kali ini akan membahas tentang game di Linux. Bermain game di Linux ternyata tidak seburuk yang anda pikirkan. Ada beberapa cara tempat mendapatkan game yang mungkin mampu untuk memuaskan atau setidaknya memberikan kelegaan bermain game kepada anda.

GAME DI LINUX

GAME LINUX

OpenTTD dengan Zbase grafik. Tampilan lebih nyaman daripada yang original

Linux tidak menyediakan banyak game sebenarnya. Pilihan game yang tersedia sangat terbatas. Namun ada beberapa game yang sangat menarik seperti OpenTTD yang patut untuk dicoba.

Game dapat diunduh di repositori masing-masing. Mungkin ada di repositori luar tapi tidak disarankan karena tidak ada jaminan kompatibel dengan perangkat anda. Bisa mungkin di repositori yang multi-distro seperti Snap, Flathub, dll.

EMULATOR KONSOL RETRO

Game Pine Creek adalah game horror yang dapat diunduh di Itch.io dan dimainkan di emulator GBA (saya pakai mGBA)

Linux memang tidak menyediakan banyak game namun untuk permasalahan bermain game via emulator, Linux bisa dikatakan sangat bagus. Menurut saya pribadi, bermain emulator di Linux lebih nyaman karena proses instalasi aplikasi yang mudah, jelas, dan aman.

Anda bisa install RetroArch jika memang perangkat anda kuat. RetroArch adalah aplikasi yang memuat berbagai macam emulator yang diunduh lewat repositorinya. Menurut pengalaman pribadi, RetroArch memang cukup berat dan ukurannya yang tidak kecil.

Lebih disarankan untuk memakai emulator yang tersedia di repositori distro masing-masing.

BERMAIN GAME WEB

Beberapa game web di VK

Banyak game-game online yang dibuat untuk dimainkan di browser. Beberapa sosial media menyediakan game-game tersebut seperti Facebook dan VK. Anda hanya perlu untuk memiliki akun sosial media tersebut dan dapat memainkan berbagai game lewat browser

Selain game-game web yang disediakan oleh sosial media, terdapat juga banyak game web yang lain seperti IOGames, Flash (sudah berakhir akhir tahun ini), dan lain-lain.

Mungkin dulu pernah trend game: Gartic.

IOGames



IOgames.store adalah salah satu situs game web favorit saya dan Shooter.io adalah game yang saya mainkan

IOGames berisi game-game yang dimainkan lewat browser. Game-game yang tersedia adalah game-game karya para penggunanya sendiri sehingga anda akan menemukan berbagai macam game indie.

GAME ITCH.IO

Itch.io menyediakan game yang diunggah oleh para pengguna

Ibarat Pinterest, situs ini menyediakan karya-karya pengguna tetapi game. Game-game yang ada di situs ini pun banyak dan beragam. Karena tidak ada batasan platform, banyak pengembang yang membuat game-nya dapat dimainkan di Linux.

STEAM

Game di Steam

Steam adalah salah satu portal game terbesar di dunia dan hadir juga untuk Linux. Banyak game-game di Steam yang juga support di Linux. Seperti misalnya Stardew Valley, Left 4 Dead 2 dan lain-lain.

Mereka memakai Proton. Proton adalah Wine yang dikembangkan oleh pihak Valve atau Steam (saya kurang tahu tepatnya). Saya pribadi juga tidak tahu apakah semua game yang tersedia di Steam dimainkan lewat Proton atau memang di-port ke Linux.

GAME WINDOWS LEWAT WINE

Memainkan game-game Windows lewat Wine tidak saya sarankan tapi anda bisa melakukannya. Proses pemasangan yang terlalu rumit dan kompatibilitas kurang adalah alasan mengapa bermain game Windows lewat Wine tidak disarankan.

KESIMPULAN

Memang Linux sebagai sebuah sistem operasi memiliki perpustakaan game yang sangat kecil namun bukan berarti kita tidak dapat menikmati game di Linux. Situs-situs seperti ITCH.IO dan IOGames telah menjadi wadah bagi para pengembang untuk merilis game-nya sendiri sehingga memungkinkan game-game untuk melangkah lebih bebas ke platform Linux. Selain itu, Steam juga sudah menyasar pengguna Linux dengan merilis Steam untuk Linux. Gaming lewat emulator di Linux juga sangat dapat diandalkan. Kemudahan instalasi aplikasi di Linux dan tentu saja keamanan, dapat menjadikan bermain emulator di Linux akan menjadi lebih baik.

Pada akhirnya, gaming di Linux memang tidak sebaik di Windows tapi bukan artinya anda tidak bisa bermain game di Linux.

Untuk langganan anda bisa subscribe ke https://t.me/jingxing

Use the JavaScript Cleaner to organize and beautify your scripts before launching websites.