Enaknya FOSS bagi pengguna biasa

Sebagian gambar diambil dari ahmadbinhanbal

Jika anda adalah salah satu orang yang berada di dunia perangkat lunak, mungkin anda tidak akan asing dengan FOSS (Free and Open Source Software) namun bagi anda yang tidak terlalu memikirkan tentang ini apa sebenarnya manfaat yang akan anda rasakan?


Tulisan ini akan membahas mengenai seberapa pentingnya FOSS bagi kalangan yang bukan penggiat software. Mengapa kita perlu mengedepankan perangkat lunak yang berlisensi FOSS. Apa juga kelebihan-kelebihan aplikasi FOSS dibandingkan yang lainnya.


Gratis + Bebas Iklan

Meskipun gratis, YouTube memiliki iklan | Sumber foto: YouTube

 

Salah satu kelebihan dari aplikasi FOSS adalah bebas iklan. Kehadiran iklan adalah salah satu hal yang cukup ditentang oleh para aktivis FOSS. Tidak heran memang, hampir semua (mungkin semua) aplikasi FOSS adalah bebas iklan.


Berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang sekedar Freemium, aplikasi FOSS kebanyakan Free secara harga dan juga bebas iklan. Kita misalkan saja adalah aplikasi pemutar media VLC. Jika kita bandingkan VLC dengan MX Player, tampak jelas bahwa VLC sebagai FOSS sama sekali tidak mengandung iklan apa pun berkebalikan dengan MX Player meskipun keduanya sama-sama gratis.


Aktivitas Aplikasi Jelas dan Ringan

Keribetan adalah Keberatan | sumber gambar symplestatebusiness

Seringkali kita tidak menyadari bahwa aplikasi-aplikasi yang kita gunakan melakukan hal-hal di luar yang kita butuhkan. Sebagian beralasan untuk iklan (karena aplikasi Freemium) ada juga yang digunakan untuk meningkatkan layanan. Pada akhirnya pun, hal-hal tersebut memperberat aplikasi dan aktifitasnya pun lebih susah untuk dipahami.

Aplikasi FOSS tampaknya lebih jelas karena secara umum, mereka lebih mengedepankan kesederhanaan. Kita ambil permisalan adalah aplikasi Gboard. Aplikasi keyboard milik Google ini sangat kaya dengan fitur seperti terjemah, sinkronisasi awan, dan lain-lain. Disamping segala fiturnya, Gboard tampak tidak lagi menjadi sebuah sekedar “keyboard”. Ia melacak apa yang anda ketik, mencoba memahami bahasa anda, dan lain-lain sesuai dengan fitur-fiturnya.

Privasi Data Lebih Terjaga*

Ilustrasi Privasi | Sumber gambar missionislam

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi biasa, aplikasi berlisensi FOSS sangat ketat untuk hal data pribadi. Pada beberapa kasus bahkan tampak terlalu ekstrim untuk masalah data pribadi.


Aplikasi Standard Notes misalnya. Pihak penyedia sangat ketat pada masalah data. Jika anda lupa sandi akun anda, anda tidak dapat untuk melakukan reset sandi. Yang bisa anda lakukan adalah reset akun. Semua data anda sebelumnya sama sekali tidak dapat diselamatkan.

*) Privasi dan Keamanan berbeda.

Aplikasi Lebih Kecil

Ukuran lebih kecil | sumber foto Fight Nights

Secara umum, aplikasi-aplikasi FOSS memiliki ukuran yang lebih kecil dan tentu saja lebih ringan untuk perangkat keras. Hal ini bisa jadi dikarenakan tidak terdapat fungsi-fungsi tambahan yang diluar keperluan sebenarnya dan kesederhanaan aplikasi-aplikasi FOSS secara umum.

Kita misalkan saja perbandingan antara LibreOffice dengan Ms. Office. Anda dapat mengunduh LibreOffice dengan ukuran dibawah 300 Mb sedangkan Ms.Office, anda perlu untuk mengunduh hingga 2 GB lebih.

Meskipun secara fitur LibreOffice lebih sedikit daripada Ms. Office, dengan ukuran yang sedemikian beda, aplikasi FOSS LibreOffice adalah patut diperhitungkan.

Lebih Mengenal Software

Anda perlu berpikir | sumber gambar FreeImages

Aplikasi-aplikasi FOSS memang tidak semua dibuat untung pemakai biasa dan seringkali ada saja aplikasi yang membutuhkan pengetahuan lebih mengenai perangkat lunak. Mungkin ini tampaknya suatau kelemahan tapi ini justru merupakan kelebihan. Pengguna dapat lebih mengenal tentang perangkat lunak dan tidak terlalu tergantung pada kemudahan yang ditawarkan.

Ini adalah hal yang sangat membantu untuk meningkatkan literasi digital anda. Di era penuh dengan internet dan digital ini, mengetahui bagaimana software adalah sebuah kemampuan yang patut untuk dikejar baik sekedar sebuah hobi mau pun profesional.

Kesimpulan

Siapa dan apa pun anda, software FOSS menawarkan banyak hal yan berbeda jika dibandingkan dengan software yang tidak FOSS. Jika anda memang tertarik, kenapa tidak mencoba saja.