Vivaldi: Browser untuk Produktivitas

Ada tiga jenis browser Desktop utama yang ada di pasaran: Chrome, FireFox, dan Safari. Ada juga browser-browser lain yang merupakan turunan dari Chromium seperti Microsoft Edge, Opera Browser, Yandex Browser, Brave Browser, Vivaldi dan lain-lain. Pada umumnya, browser desktop adalah Chromium/Chrome, FireFox, dan Safari.

Diantara semua browser yang terkenal, Chromium merupakan salah satu yang memiliki turunan yang banyak dan terkenal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, browser-browser terkenal tersebut berasal dari induk yang sama yaitu Chromium.

Dari semua browser yang ada, kali ini saya akan mereview Vivaldi. Vivaldi, saya rasa browser ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan browser-browser sesama Chromium lainnya.

Berikut adalah keunikan dari Vivaldi:

Vivaldi Simple tapi Penuh Kustomisasi

Kustomisasi address bar di bawah dan tab di samping

Kaya fitur adalah salah satu hal penting dalam memilih sebuah browser tetapi ada hal yang menjadi kelemahan dari fitur yang kaya yaitu browser menjadi rumit dilihat. Tidak semua orang ingin untuk menikmati semua fitur yang tersedia. Mereka hanya ingin menggunakan sebuah browser dengan pengaturan default-nya.

Vivaldi pun memiliki sisasat berupa kustomisasi utama yang dilakukan pada awal penginstalan dan disertai dengan petunjuk. Ini sangat membantu untuk pengguna. Setelah itu, saya tidak perlu lagi memikirkan lain-lain dan tetap fokus pada pekerjaan.

Yang paling saya sukai adalah kustomisasi baris tab di samping. Ini adalah fitur yang menurut saya sangat penting. Dengan baris tab di samping, saya tidak perlu untuk menggerakkan bola mata dari ujung kiri layar ke kanan untuk mencari tab yang saya perlukan. Saya cukup melihat ke arah samping dan karena tinggi layar lebih pendek maka semua tab terlihat.

Vivaldi Mempertahankan Cita Rasa Opera Jadul

 
Vivaldi mempertahankan ciri khas Opera yang legendaris | Sumber Mobile24

 

Salah satu kelebihan dari Opera adalah tampilan Home yang sangat familiar. Bagi pengguna HP Nokia di masa lampau, tampilan home Opera tetaplah yang terbaik.

Vivaldi sebagai browser jebolan Opera, ternyata tidak meninggalkan kesan Home yang seperti ini. Vivaldi justru memberikan suntikan tambahan seperti tampilan home yang tampak seperti file manager yang berisi bookmark, speed dial, dan lain-lain

Vivaldi Ringan

Mungkin memang tidak terlalu ringan tapi jika dibandingkan dengan browser seperti Chrome, Vivaldi dapat disandingkan.

Fitur Notes Bawaan


 

Fitur Notes ini adalah salah satu fitur yang paling saya suka. Saya bisa membuat catatan-catatan penting tanpa perlu pasang plug-in tambahan. Lebih lanjut lagi, catatan tersebut tersinkron di akun Vivaldi saya sehingga dapat dilihat di perangkat lain termasuk smartphone.

Baris Fungsi di Pojok Kanan Bawah

Baris di bagian pojok kanan bawah penuh fungsi

Ini adalah salah satu yang menarik dari Vivaldi, baris yang berisi beberapa fungsi ini sangat membantu produktivitas saya. Urut dari kiri adalah Screenshot, Page Tiling, Toggle Image and Animation, Page Actions, pembesar tampilan, dan jam.

Dengan Toggle Image, anda dapat mematikan unduhan gambar untuk halaman sehingga akan menghemat kuota dan tentunya mempercepat loading halaman anda. Seperti di HP Nokia saya dulu.

Page Tiling

 

Satu lagi yang saya suka adalah Page Tiling. Dengan fitur ini, saya dapat mengaktifkan dua tab sekaligus dengan terbagi dua. Ini sangat berguna ketika ingin membaca dua tab sekaligus atau membandingkan. Tidak perlu membuka jendela baru, cukup dengan Page Tiling.

Menumpuk Tab

Sumber: Vivaldi.com

Fitur ini sangat bermanfaat bagi anda yang perlu membuka banyak tab. Ketika anda perlu membuka berbagai sumber tapi jendela yang memiliki panjang terbatas untuk menampilkan semua judul tab.

Layanan Vivaldi Lainnya

Seperti Chrome dengan Google, ketika anda memiliki akun Vivaldi, anda dapat menggunakan berbagai layanan Vivaldi. Ada dua yang menurut saya penting; Blog dan Email.

Dengan akun Vivaldi, anda dapat membuat blog dengan subdomain username.vivaldi.com. Secara fitur, mungkin saja tidak terlalu lengkap, tapi setidaknya, anda dapat membuat blog anda sendiri.

Dengan layanan email Vivaldi, anda dapat memiliki email username@vivaldi.com dengan kapasitas 5 GB. Kapasitas ini sudah cukup besar untuk sebuah email.

Penutup

Sebenarnya masih ada fitur-fitur menarik lainnya, tetapi setidaknya hanya ini lah yang saya rasakan sangat membantu dan unik dari Vivaldi. Anda dapat cek lebih lanjut di sini dan di sini

Vivaldi sebagai browser berbasis Chromium tentu saja memiliki hampir semua kelebihan yang Chrome tawarkan seperti plug-in dan lain-lain. Dan, dengan berbagai hal yang telah disebutkan, Vivaldi sangat tampak mampu memberikan sebuah pengalaman berbeda yang sama sekali tidak ada di browser-browser lain.

Meskipun tidak sepopuler Chrome, FireFox, dan Opera, Vivaldi bukan lah browser abal-abal dan anda patut untuk mencobanya.