10 Lagu Kebangsaan Terbaik Menurut Selera Jing Xing


 

Setiap negara memiliki lagu kebangsaan. Berikut adalah lagu kebangsaan terbaik versi penulis Jing Xing / Malcolm Prime; 

10. Lagu Kebangsaan Indonesia 

Indonesia Raya

Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan lebih menonjolkan persatuan dan kemerdekaan. Adalah hal yang agak aneh memang, mengapa lagu kebangsaan Indonesia ini tidak menonjolkan kehebatan negara dan lebih ke persatuan dan kemerdekaan.

Ternyata tidak, kata "raya" ternyata menunjukkan kehebatan hanya saja mungkin tidak terlalu terasa karena selama ini "raya" dipakai untuk jalan raya.

Sebagai orang Indonesia, lagu ini tentu saja adalah hal yang cukup terasa karena orang yang tinggal di Indonesia.


 

8. Lagu Kebangsaan Kazakhstan (2006-...)

Менің Қазақстаным | Meniny Qazaqstanem | Kazakhstan Ku


Ada dua hal yang saya suka dari lagu kebangsaan Kazakhstan. Pertama, lagu ini benar-benar menggambarkan bendera Kazakhstan. Langit biru, matahari keemasan, dan tentu saja rerumputan. Kedua, mengucapkan lagu ini seperti orang yang sedang terengah-engah. Seolah-olah dinyanyikan setelah suatu perjuangan besar. Sebuah inovasi yang luar biasa.

7. Lagu Kebangsaan Jerman Timur

Auferstanden Aus Ruinen | Bangkit dari Kehancuran

 

Keunikan pengucapan bahasa Jerman dipadu dengan semangat patriotisme adalah perpaduan yang sangat bagus. Kekuatan melodinya juga tidak terlalu kuat sehingga terasa santai dan nyaman padahal judulnya tampak sangat gagah.

6. Lagu Kebangsaan Saudi Arabia

 Hidup lah Raja | 'aasyal Malik| عاش المليك

 


Lagu kebangsaan satu ini memiliki keunikan, meskipun berbau monarki dengan mengagungkan raja, lagu kebangsaaan Saudi Arabia ini juga memiliki melodi yang lucu.

Berbeda dengan lagu-lagu kebangsaan lain yang mencoba membuat kesan hebat, Saudi Arabia justru memiliki melodi lagu kebangsaan yang mengesankan riang gembira. Sangat unik.

5. Lagu Kebangsaan Iraq (2004- ...) dan Palestina (tidak resmi)

Mauthini | Negeriku

Lagu kebangsaan Iraq setelah turunnya Saddam Husein ini adalah kebangsaan yang sebenarnya tidak terlalu wajar. Lagu ini bukan dibuat oleh orang Iraq tetapi justru orang Palestina. Bahkan, Mauthini juga merupakan lagu kebangsaan Palestina yang tidak resmi. Selain itu, lagu kebangsaan yang satu ini ternyata tidak seperti lagu-lagu kebangsaan lainnya. Lagu kebangsaan ini meskipun rasanya berbau cinta tanah air tetapi bukan lagu kebangsaan.

Dari semua lagu kebangsaan dalam daftar ini, mauthini adalah satu-satunya lagu yang cocok untuk dinyanyikan oleh satu orang. Mungkin saja penulis lagu ini memang menekankan pada individu bukan sebuah negara.

4. Lagu Kebangsaan Armenia

Մեր Հայրենիք | Mer Hayrenik | Tanah Air Kita

 


Dari semua lagu kebangsaan yang ada, Armenia mungkin adalah satu-satunya lagu kebangsaan yang ber-genre pop, saya tidak tahu ciri-ciri pop tapi setidaknya begitu lah. Setuju atau tidak setuju, lagu kebangsaan satu ini memang unik dan berbeda.

Versi ramai-ramai

 

9 & 3. Lagu Kebangsaan Lugansk (Versi 2014 & Versi 2016)

9. Versi 2014

Земля моя щедрая, сердце Донбасса | Zemlya maya sysyedraya, serdtse Dobbassa | Tanah Air Ku Yang Dermawan, Hati Kota Donbass

 



Versi Angelika Yutt

3. Versi 2016

Луганской Народной Республике - Слава! | Luganskay Narodnay Respubliki - Slava! | Republik Rakyat Lugansk - Menang!



 

Negara di Timur Ukraina yang gagal merdeka ini ternyata memiliki lagu kebangsaan yang sangat indah. Jika dibandingkan dengan lagu kebangsaan di berbagai negara di dunia, lagu kebangsaan Lugansk memiliki kesan lebih masa kini. Ya seperti itu yang dirasakan oleh saya.

Versi 2014 lebih lembut sementara untuk versi 2016 lebih kuat powerful.

2. Lagu Kebangsaan Rusia versi biasa


 

Госуда́рственный гимн Росси́йской Федера́ции | Gosudarstvenniy gimn Rassiyskiy Federatsii | Lagu Kebangsaan Federasi Rusia

Dengan lirik berbeda, lagu kebangsaan Rusia ini menggunakan melodi yang sama dengan lagu kebangsaan Uni Soviet. Secara nama pun sama hanya diganti SSSR dengan Federasi Rusia.

Lagu kebangsaan Rusia ini tidak sekedar menggambarkan patriotisme dan nasionalisme saja tetapi juga menggambarkan bagaimana Rusia sebagai negara yang berbeda, unik, dan merdeka.

2. Lagu Kebangsaan Uni Soviet


 

Государственный гимн СССР | Gosudarstvenniy gimn SSSR | Lagu Kebangsaan Uni Soviet

Salah satu peninggal Uni Soviet yang terbaik adalah lagu kebangsaannya. Semua orang sudah tahu bahwa ini adalah lagu kebangsaan yang paling hebat selama ini. Lirik dan melodinya sangat menggelegar dan mengguncangkan jiwa sangat menggambarkan dengan jelas kebesaran sebuah negara.

Terlepas dari Stalin dan Komunisme-nya lagu kebangsaan SSSR adalah luar biasa.

Berisi sebuah keinginan besar untuk merdeka dan berjaya.

1. Lagu Kebangsaan Rusia versi Rock


 

Genre rock adalah genre yang menggambarkan sebuah perlawanan dan bagaimana jika digabungkan dengan lagu kebangsaan Uni Soviet dan dengan lirik yang tidak berbau komunis. Itu lah perpaduan yang menghasilkan lagu kebangsaan Rusia versi rock.

Penutup

Dari semua lagu kebangsaan yang saya sebutkan, saya lebih banyak menyebutkan lagu kebangsaan dari negara-negara Post-Soviet. Memang seperti itu, karena blog ini didedikasikan untuk negara-negara Post-Soviet, Linguistik, Linux, dan lain-lain.

Semua ini hanya lah opini penulis yang bisa saja berganti sewaktu-waktu dan tentu saja sangat subjektif.