Delapan Ekstensi Browser Harus Punya

 


 Berikut adalah beberapa ekstensi browser yang sangat patut anda miliki. Ekstensi-ekstensi ini tersedia untuk browser FireFox mau pun browser-browser lain yang berbasis Chromium seperti Brave Browser, Yandex Browser, Vivaldi, Chromium, dan Chrome.

Ublock Origin


 

Unduh: Chrome FireFox

Ada banyak ekstensi pemblokir iklan yang beredar di toko-toko ekstensi resmi mau pun pihak luar tapi dari semua itu, hanya sebagian lah yang open source dan salah satunya adalah Ublock Origin.

Tidak sekedar open source, Ublock Origin juga mengklaim ringan dan ramah untuk CPU dan RAM. Tidak semua pemblokir iklan berani mengklaim seperti ini.

Ublock Origin direkomendasikan oleh tim FireFox dan mungkin memang sangat pantas untuk dicoba.

HTTPS Everywhere


 

 Unduh: Situs Resmi

Tahukah anda? Bahwa untuk berinternet dengan lebih aman, kita perlu untuk mengakses sebuah situs melalui HTTPS; HTTP dengan "S". Huruf "S" disini memiliki arti Security sehingga yang dimaksud adalah jika anda mengakses sebuah situs melalui HTTPS, internet anda akan lebih aman.

Itu lah fungsi dari HTTPS Everywhere yaitu untuk menjamin bahwa anda hanya mengakses versi HTTPS dari suatu situs sehingga aktivitas anda menjadi lebih aman.

HTTPS Everywhere adalah open source dan direkomendasikan oleh tim FireFox.

Enhancer for YouTube atau Improved YouTube

 
YouTube dengan Improved YouTube

Unduh: Improved YouTube , Enhancer FireFox, Enhancer Chrome

Dua ekstensi ini memiliki fungsi untuk meningkatkan pengalaman anda berselancar di YouTube. Mereka akan memberikan fungsi tambahan seperti tombol loop, mini player, blokir iklan, dan lain-lain.

Perbedaan dari dua ekstensi ini adalah Enhancer for YouTube lebih ringkas sedangkan Improved YouTube lebih banyak fitur. Saya pribadi memakai Improved YouTube.

Enhancer for YouTube direkomendasikan oleh tim FireFox. Dua ekstensi ini open source.

LastPass: Password Manager


 

Unduh: Situs Resmi

Butuh password manager yang cross-platform? Misalkan anda menggunakan browser Chromium dan FireFox atau perangkat Android dan Windows dan anda tidak mau repot-repot mengingat dan mengisi password?

Jawabannya adalah LastPass: Password Manager. LastPass adalah layanan password manager yang tersedia untuk berbagai perangkat mulai dari browser FireFox dan Chromium hingga perangkat mobile seperit Android.

LastPass: Password Manager direkomendasikan oleh tim FireFox tetapi tidak open source.

Saveform

Kemudahan mengunduh video dengan Saveform

 

Unduh: Situs Resmi

Saveform adalah downloader yang mendukung banyak situs dan gratis, setidaknya freemium karena ada fitur premium.

Hal yang menarik dari ekstensi ini adalah kemampuan untuk mengunduh video dan audio VK yang banyak dari kalangan pengembang ekstensi mau pun aplikasi pengunduh terlewatkan. Padahal, VK adalah salah satu media sosial dengan konten-konten bagus baik legal mau pun illegal.

Meskipun tidak mendukung semua jenis video, mengunduh konten VK dengan Saveform tetap memuaskan. Video-video yang bersifat tidak publik mungkin tidak bisa diunduh.

Saveform tidak open source dan sepertinya kurang ramah terhadap privasi dan memiliki permasalahan dengan malware (pada versi dua tahun yang lalu. Tetapi, Norton memberikan rating aman untuk Saveform.

Raindrop.io


 

Unduh: Situs Resmi

Jika anda sedang mencari bookmark manager dengan tampilan cantik, Raindrop.io saya rasa adalah pilihan yang tepat. Tidak sekedar cantik, Raindrop.io juga cloud-based dan cross-platform; tersedia untuk FireFox mau pun Chromium/Chrome.

Layanan Raindrop.io ini memiliki dua versi; gratis dan berbayar. Layanan gratisnya sudah memiliki layanan penyimpanan bookmark tanpa batas. Saya pribadi memakai layanan gratis ini dan merasa sangat cukup.

Raindrop.io adalah open source. Cinta FOSS, sepanjang masa!

DuckDuckGo Privacy Essentials


 

Unduh: Situs Resmi

Ekstensi resmi dari DuckDuckGo ini memiliki fungsi untuk me-block para tracker (pengintai) di internet dan memberikan informasi kepada anda siapa yang mengintai anda.

Saya pribadi tidak tahu manfaat lebih dari DuckDuckGo Privacy Essentials tetapi setidaknya, saya menjadi semakin tahu siapa sebenarnya paling kepo mengawasi internetan saya.

DuckDuckGo Privacy Essentials adalah open source.

To Google Translate

Unduh: FireFox

Jika anda menggunakan Chromium atau pun Chrome, anda dapat menggunakan layanan Google Translate yang sudah terintegrasi tetapi bagaimana jika menggunakan FireFox, anda membutuhkan ekstensi pihak ketiga untuk melakukanyannya.

To Google Translate adalah ekstensi yang membantu anda menerjemahkan teks yang anda highlight dan menerjemahkannya langsung dengan membuka Google Translate di tab baru. Memang tidak sebagus di Chromium/Chrome, tetapi setidaknya ini dapat membantu.

To Google Translate adalah open source tetapi Google Translate tidak.

Penutup

Terima kasih telah membaca Soyuznesia.

Tulisan ini juga diterbitkan dalam bahasa Inggris di JingXing.Link