Revolusi Rusia: Makna dan Pelajaran

 


Tahun 1917 adalah sebuah tahun yang sangat penting dalam sejarah Rusia karena pada tahun ini terjadi dua revolusi sekaligus. Revolusi pertama disebut sebagai Revolusi Februari dengan dilakukannya penggulingan kekaisaran Tsar. Revolusi kedua adalah revolusi yang sangat dikenang dengan sebutan Revolusi Oktober. Revolusi Oktober ini lah revolusi yang melahirkan negara Komunis pertama di dunia; Uni Soviet.

Revolusi Rusia memiliki perbedaan dari revolusi-revolusi besar lainnya seperti Revolusi Prancis dan Revolusi Amerika. Revolusi Rusia adalah revolusi pertama yang dilakukan oleh kaum pekerja dan petani dan mereka berhasil menggulingkan Tsar dan membentuk negara dan sistem baru.

Bagaimana Kemajuan Uni Soviet?

Kemajuan Uni Soviet dapat dilihat dari pencapaiannya yang luar biasa. Sebelum revolusi, Rusia sedang menderita kesengsaraan karena akibat dari Perang Dunia I. Namun, setelah menjadi Uni Soviet, kurang dari setengah abadf, mereka berhasil menjelma menjadi salah satu kekuatan terkuat di dunia. Tidak hanya terkait dengan kekuatan tetapi juga kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Uni Soviet menjadi negara pertama yang mampu mengirimkan manusia ke luar angkasa dan menjadi salah satu negara dengan kemajuan teknologi nuklir.

Kita bisa melihat dalam sejarah perkembangan Islam. Bangsa Arab  dengan munculnya Islam telah mampu membuat sebuah peradaban besar hanya kurang dari setengah abad. Ketika sebelumnya kekuatan terbesar adalah Roma dan Persia, muncul lah bangsa Arab sebagai kekuatan baru.

Rusia dengan revolusinya mampu membuat sebuah perubahan dari Rusia yang tak berdaya menjadi salah satu adidaya dalam kurun waktu yang singkat.

Mengapa Uni Soviet berjalan tidak seperti harapan?

Revolusi Rusia tidak lahir dalam keadaan dunia yang damai-damai saja. Revolusi ini muncul pada saat masa kemiskinan pasca Perang Dunia I. Selain itu, Perang Saudara antara Tentara Putih dan Tentara Merah.

Perang Saudara di Rusia sangat lah berat. Lebih dari 7 juta korban jiwa. Tentara Putih mendapatkan dukungan dari 14 negara baik Tsar mau pun pihak luar negeri.

Perang-perang ini lah yang kemudian merubah apa yang terjadi di Uni Soviet. Nilai-nilai demokratis yang manis harus berganti dengan segala upaya untuk memenangkan peperangan. Ketika masa peperangan, apa yang dipikirkan hanya lah kemenangan dengan segala caranya.

Perubahan pada masa Uni Soviet?

Uni Soviet bukan sebuah negara yang statis dalam +/- 70 tahun tidak mengalami perubahan. Seiring dengan pergantian kepemimpinan, Uni Soviet terus mengalami perubahan. Bahkan, jika kita membandingkan dengan Amerika Serikat pada awal dan pertengahan abad-20, ada sebagian elemen di Uni Soviet yang lebih maju.

Misalkan, permasalahan rasisme di Uni Soviet lebih maju. Pada awal abad-20, di Amerika Serikat masih diberlakukan Jim Crow sebagai bentuk segregasi antara kulit hitam dan kulit putih. Tetapi, di Uni Soviet, setiap daerah memiliki hukum-hukum tersendiri terkait dengan keanekaragaman masing-masing wilayah.

Bagaimana Islam di Setelah Revolusi?

Di bawah kepemimpinan Lenin setelah revolusi orang Islam mendapatkan kebebasan untuk mempraktekkan ibadahnya bahkan sebagian hukum Syari'ah dijalankan bersama dengan komunisme. Hal ini memang sangat mengherankan jika melihat bahwa Lenin sebagai pemimpin Revolusi adalah orang yang anti-agama.

Pada masa Stalin, keadaan berubah dan menjadi buruk.

Pelajaran

Revolusi Rusia adalah revolusi komunis pertama yang pernah ada. Revolusi untuk mengakhiri Tsar yang sudah tidak layak lagi untuk memimpin negara yang berada dalam krisis. Revolusi ini menginspirasi berbagai belahan dunia lain untuk melawan imperialisme dan kolonialisme untuk membela hak setiap manusia.

Namun, setidaknya dua alasan mengapa Uni Soviet sebagai produk revolusi adalah gagal. Pertama, dunia pada masa awal revolusi yang sangat tidak mendukung adanya perdamaian dan justru memaksa untuk terus terjadinya pertumpahan darah dan kesengsaraan. Kedua, kepemimpinan yang terlalu otoriter yang membuat Uni Soviet sangat tergantung pada pribadi pemimpinnya dan bukannya pada hukum-hukum yang berlaku.

Revolusi Rusia dengan segala keberhasilan dan kegagalannya adalah sebuah peristiwa yang tidak dapat begitu saja untuk tidak dipelajari. Revolusi Rusia adalah yang pertama memulai dan akan menjadi pelajaran bagi semua bangsa dan negara di dunia.

Lebih Lanjut

What the Russian Revolution Proved Possible Link

Islam in Soviet Union Link

The Bolsheviks and Islam Link