Epic Browser: Browser Privasi dan VPN

Logo diambil dari thumbapps.org


Epic Browser Official

Banyak diantara kita yang mencari browser dengan VPN gratis. Bukan sekedar alasan untuk membuka konten-konten yang diblokir atau tidadak tersedia di wilayah tertentu, menggunakan VPN juga akan membantu anda agar lebih tersembunyi dalam berselancar internet karena banyak situs yang mengumpulkan informasi pengunjungnya.

Salah satu browser penyedia VPN gratis adalah Opera. Browser satu ini memang sangat menarik tetapi Opera bukan lah browser yang berhalauan pada penjagaan privasi.

Browser-browser seperti FireFox, Brave, dan Vivaldi adalah pilihan tepat bagi mereka yang ingin privasi lebih tetapi dua browser ini tidak menyediakan VPN secara built-in. Anda harus mencari VPN dari pihak ketiga.

Epic Browser atau Epic Privacy Browser adalah browser yang mencoba untuk menggabungkan dua hal ini; built-in VPN dan penjagaan privasi.



Selain fitur VPN, ada fitur-fitur menarik lainnya sebagai berikut:

Built-in VPN + Free

Ada 9 lokasi VPN yang disediakan: US East Coast, US West Coast, Kanada, Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, India, dan Singapura.

Untuk fitur VPN di aplikasi versi Android (mungkin juga iOS), anda perlu mengaktifkan mode desktop. Sepertinya begitu.

Bagaimana Mereka dapat Duit?

Epic Browser menawarkan layanan premium dan juga partnership dengan search engine tertentu. Mereka menggunakan Yahoo, jadi setiap kali anda menggunakan Yahoo di Epic Browser, pihak pengembang akan mendapatkan keuntungan.

Video Downloader Terintegrasi

Sangat disayangkan, fitur ini tidak dapat digunakan untuk YouTube. Dapat digunakan untuk VK tetapi tidak dapat digunakan untuk video private dan video-video tertentu lainnya.

Pemblokir Iklan dan Pengintai

Menggunakan Umbrella yang merupakan modifikasi dari Ublock Origin, Epic Browser tidak hanya memblokir iklan tetapi juga para pengintai (tracker).  Anda juga dapat melihat siapa saja pengintai yang diblokir.

Umbrella juga memiliki fitur untuk menonaktifkan pemblokir iklan jika sewaktu-waktu diperlukan.

Selalu Incognito

Mungkin fitur ini sangat menarik tetapi pada beberapa hal, ini adalah hal yang cukup disayangkan. Anda tidak akan dapat sinkron data ke Google meskipun browser ini berasal dari Chromium. Semua riwayat juga akan hapus setelah anda keluar dari browser.

32-Bit Chromium

Menggunakan basis dari Chromium 32-bit, Epic Browser mendukung banyak ekstensi yang ada di Chrome WebStore. Tetapi, hal ini sangat tidak disarankan karena terkait dengan penjagaan privasi anda.

Karena menggunakan versi 32-bit, tentu saja browser ini akan lebih ringan dijalankan daripada versi 64-bit.

Hal yang disayangkan

Dengan berbagai kehebatannya, adalah hal yang sangat disayangkan, Epic Browser tidak open source. Selain itu, browser ini juga tidak tersedia untuk Linux tetapi telah tersedia untuk Android dan iOS.

Kesimpulan

Bagi anda yang ketat terhadap privasi, Epic Browser adalah salah satu browser pilihan utama. Tetapi, melihat bahwa browser ini tidak open source, anda mungkin bisa mencari alternative-nya di komunitas open source lainnya.

Dengan adanya selalu incognito dan VPN, berselancar dengan browser ini sangat aman dari pengintai. Tetapi, anda tidak dapat menyimpan data anda kecuali dengan layanan cloud yang tentu saja anda harus selalu log-in kembali setelah keluar dari browser.

Epic Browser Official

Source:

How epic works

Epic Browser FAQ