Perbarui Tampilan Sesi Video, Begini VK Sekarang



Pada tanggal 10 Oktober lalu, sosial media paling besar di Eropa, Vkontakte (VK) merayakan 15 tahun berdirinya sejak tahun 2006. Selain itu, akhir-akhir ini, VK juga melakukan perombakan besar. Misalkan, optimalisasi aplikasi Android dan yang paling menarik adalah pembaruan tampilan sesi Video yang lebih cantik.

Baru hari ini (22/10) penulis membuka sesi Video VK dan menemukan tampilan yang baru. Sebagai sosial media besar, VK memang benar-benar berusaha untuk bersaing dengan platform-platform lain dengan memperbaiki pelayanannya. Seperti yang dilansir dari postingan resmi VK ( 15/10),

"Встречайте VK Видео — крупнейший видеосервис в России! Он объединил на новой видеовитрине ролики и трансляции из ВКонтакте, Одноклассников и других платформ. Смотрите сами: vk.com/video. ..."

 "Temui VK Video - layanan video terbesar di Rusia! Dia menggabungkan video dan siaran dari VKontakte, Odnoklassniki, dan platform lain pada tampilan video baru. Lihat sendiri: vk.com/video."

Perubahan tampilan ini hanya terjadi untuk VK website desktop tetapi perubahan yang baru-baru VK lakukan bukan sekedar pada tampilan tetapi juga pada stabilitas streaming video yang juga berlaku di aplikasi mobile. Sebagai pengguna VK sejak tahun 2019, penulis benar-benar merasakan perbedaan pada kecepatan pemutaran video yang kini semakin stabil. Jika dibandingkan dengan platform besar lain, VK memang memiliki kestabilan koneksi yang lebih buruk di Indonesia.

Selain tampilan dan kestabilan, akun resmi VK juga menyebutkan penggunaan teknologi AI yang lebih canggih untuk menampilkan rekomendasi yang lebih baik. Ditambah lagi, sebuah fitur baru video panaroma 360 derajat juga dijanjikan akan hadir.

Dengan segala perubahan ini, VK juga berharap pengguna dapat menikmati konten-konten legal lebih mudah. Hal ini cukup penting melihat bahwa VK adalah salah satu media sosial besar yang paling ramah dalam permasalahan pembajakan.

Jika melihat apa beberapa hal perubahan yang terjadi di VK beberapa tahun terakhir, penulis merasa bahwa VK memang benar-benar berusaha untuk bersaing dengan semua media sosial. Kehadiran VK Clips yang mirip dengan Tik-Tok, misalnya. Kehadiran Classified yang menyerupai Marketplace Facebook. Dan, perubahan kali ini akan memberikan kemudahan penggunaan VK di perangkat Smart TV untuk menonton konten video layaknya Netflix dan YouTube.

 

image
Video menjadi familiar dan konvensional

Anda bisa mengunjungi video milik penulis yang tersedia publik di sini.