Mengapa Memakai Aplikasi Pihak Pertama



Memang banyak aplikasi yang lebih bagus dari pada aplikasi bawaan. Misalkan, browser bawaan tidak mendukung pemblokir iklan. Atau, browser bawaan terlalu berat sehingga membutuhkan browser lebih ringan.

Tetapi, ada beberapa hal yang mengapa kita perlu untuk memakai aplikasi yang dikeluarkan oleh pembuat perangkat yang kita pakai. Hal ini juga berlaku di Linux atau pun Windows, mengapa kita perlu untuk mendahulukan Install aplikasi dari repository atau toko resmi dari pihak pengembang.

Dalam sebagian kasus, memang bisa jadi aplikasi bawaan itu lebih buruk tetapi ada beberapa pertimbangan yang perlu sebelum anda memilih aplikasi pihak ketiga atau mengapa pihak pertama membuat aplikasi untuk perangkatnya.

Aplikasi Lebih Kompatibel

Ini adalah hal yang penting sekali. Tidak semua aplikasi itu akan kompatibel dengan semua perangkat. Ada kalanya ada hal yang membuat sebuah aplikasi itu tidak berjalan dengan baik di perangkat lain.

Aplikasi pihak pertama dirancang untuk perangkatnya sehingga kompatibilitas tentu seharusnya lebih baik daripada aplikasi-aplikasi lain.

Dikelola oleh Pengembang yang Sama

Mungkin kita pernah mendengar sebuah ucapan "Ibu Mengerti Segalanya" dan ini juga berlaku dalam dunia  perangkat lunak. Dengan memiliki pengembang yang sama, maka pengembang tentu akan lebih memahami tentang kompatibilitas terhadap perangkat tersebut.

Tidak heran memang, setiap distro Linux biasanya memiliki toko aplikasi sendiri. Mengunduh dari repository pengembang akan memberikan pengalaman aplikasi yang tentu saja sangat native di sistem operasi anda.

Keamanan

Ibarat adalah parkir toko swalayan. Jika anda memilih parkir di luar tempat parkir, keamanan kendaraan anda tentu saja akan berada di luar pengawasan pihak swalayan. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak swalayan tentu saja akan berlepas diri.

Jika terjadi permasalahan keamanan dengan aplikasi yang anda unduh dari Play Store misalnya. Anda dapat melaporkan ke Google sementara jika anda mendapatkannya di luar itu tentu resiko adalah tanggung jawab anda dan pengembang aplikasi pihak ketiga itu sendiri.

Tidak Menambah Bloatware

Jika anda menggunakan Linux, anda dapat menghapus aplikasi apa pun yang anda inginkan tetapi jika anda menggunakan sistem operasi yang tidak terbuka seperti iOS, Android non open source, dan lain-lain, anda akan seringkali tidak dapat menghapus aplikasi. Dengan menambah aplikasi lain, maka aplikasi yang tidak berguna akan semakin menumpuk dan tentu saja dapat mengurangi penyimpanan kosong.

Kesimpulan

Memakai aplikasi pihak ketiga adalah pilihan anda tetapi anda perlu untuk mempertimbangkan hal-hal ini. Poin-poin ini tidak juga menjamin bahwa aplikasi pihak ketiga lebih tidak aman atau pun lebih bagus. Poin-poin ini hanya lah sebagai gambaran saja mengapa seperti Apple, Google, Microsoft, Huawei, dll memiliki toko aplikasi khusus untuk perangkat atau sistem operasi keluaran mereka. Dan, Linux biasanya memiliki repositori aplikasi sendiri disamping repositori distro induknya.