Apa yang Membuat VK Lebih Baik?



Saya pribadi lebih sering bermedia sosial di VK daripada di Facebook atau pun media sosial lain. Bukan berarti bahwa media sosial lain lebih jelek tetapi VK menawarkan hal-hal yang menurut saya lebih dari sekedar sebuah media sosial.

Fitur Komunitas Lebih Baik


Berbeda dengan media sosial lainnya, VK memiliki fitur komunitas yang lebih baik. Kita bisa lihat bahkan layout-nya tampak seperti sebuah website, dengan sidebar yang berisi konten-konten komunitas. Misalkan, konten photo album, article, diskusi, kontak admin, link website, dan video. Seperti layout sebuah website.

Bahkan, anda dapat menambahkan mini apps di komunitas anda. Mini apps tentu saja bermacam-macam. Misalkan, mini apps yang menampilkan jadwal pertandingan bola, dan lain-lain. Fitur unik lainnya adalah donasi. Anda bisa menggalang donasi untuk komunitas anda di VK.

Kendali dan Ramah Notifikasi


Ini adalah hal yang menurut saya terbaik. Notifikasi untuk postingan baru komunitas/teman tidak dinyalakan secara default. Tidak heran jika notifikasi anda akan sangat sepi. Memang jika dibandingkan dengan medsos lainnya, VK memiliki pengguna yang cenderung untuk pasif.

Hal ini sangat berkebalikan dengan Facebook yang akan memberikan notifikasi entah apa sebabnya. Seolah-olah Facebook berusaha untuk anda aktif bersosial media di platformnya. 

Tampilan Lebih Ringkas


VK dikenal memiliki tampilan yang jauh lebih sederhana dan menurut saya ini sangat menarik. Hal yang paling saya suka juga adalah menu sidebar sebelah kiri yang berisi semua layanan yang ada di VK. Sehingga, saya dapat berpindah misalkan dari fitur satu ke lainnya dengan sangat mudah.

Fitur Multimedia


Media sosial yang lain tampak tidak terlalu menonjolkan fitur ini, atau mungkin memang tidak berniat melakukannya. Tetapi media sosial dari Rusia, mereka justru mengedepankan fitur ini. Tidak hanya di VK, di media sosial seperti OK.ru dan Telegram, kita bisa temukan fitur audio player yang jauh lebih baik.

Selain audio player, keistimewaan VK adalah fitur video yang baru saja diperbarui sehingga menjadi lebih menarik dan cocok untuk perangkat layar lebar.

Simpan Dokumen

Saya melihat bahwa VK dapat menjadi alternatif dari Could Storage karena anda tidak hanya dapat menyimpan foto dan video tetapi juga dengan dokumen. Anda dapat membuatnya bersifat pribadi mau pun publik.

Lihat Foto Original


Menurut saya ini adalah salah satu trobosan yang unik di VK. Berbeda dengan Instagram yang membatasi pengguna untuk mengunduh gambar di platform mereka, VK justru membiarkan hal ini terjadi dan bahkan membiarkan user mengunduh foto original-nya.

Ini akan sangat penting jika anda adalah seorang photographer atau penikmat fotografi. Foto hasil kompress memiliki kualitas yang tentu sudah berkurang.

Akhir kata

VK sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia, masih banyak belum diketahui padahal memiliki fitur-fitur yang sangat layak sehingga dapat disandangkan dengan media sosial besar seperti Facebook dan Instagram.