Pemuda Uzbekistan kalahkan Magnus Carlsen

Foto: Stefan64 - Own work, CC BY-SA 4.0 dengan perubahan

Nordibek Abdussatorov dari Uzbekistan memiliki prestasi luar biasa dengan mengalahkan Magnus Carlsen (rank 1 dunia), dalam kejuaraan Rapid World Championship yang diadakan di Warsaw, Polandia. Tidak sekedar mengalahkan Carlsen, Nordibek juga memperoleh juara 1 dan menjadi juara 1 termuda dalam sejarah Rapid World Championship.

Hasil Rapid World Championship 2021

Dari lima besar, Nordibek adalah yang memiliki rating paling rendah. Ini menunjukkan bahwa Nordibek mendapatkan kemenangan yang luar biasa. Dapat menjuarai perlombaan yang dipartisipasi oleh pemain-pemain hebat seperti Nepomniachtchi (Rusia), Magnus Carlsen (Norwegia), Fabino Carauna (USA), dan Jan-Kryzysztof Duda (Polandia).

Karir Nordibek Abdussattorov

Nordibek mendapatkan gelar grandmaster dalam usia 13 tahun pada tahun 2018. Sebelumnya, hanya pada usia 9 tahun, Nordibek berhasil mengalahkan dua grandmaster, Andrey Zhigalko (Belarusia) dan Rustam Khusnutdinov (Uzbekistan) pada tahun 2014.

Sekarang, Nordibek berada di ranking 113 pemain catur aktif dunia.

Video

Berikut ada video Nordibek mengalahkan Magnus Carlsen di World Rapid Championship. Video ini mendapatkan 1,3 juta tayang.


Sumber:

Wikipedia Link Link

ChessBase India YouTube Link

FIDE Rating Link