Timnas Sepakbola Wanita Favorit Asia AFC Women's Cup 2022


Berbicara tentang sepakbola perempuan, kita tidak bisa lepas dari berbicara tentang AFC Women's Cup 2022. Piala ini adalah kejuaraan sepakbola perempuan antar negara tertinggi di Asia.

Banyak orang yang belum tahu tentang timnas-timnas yang patut diacungi jempol untuk menjadi calon juara di piala empat tahunan ini. Berikut adalah empat timnas yang menurut penulis memiliki kemampuan di atas timnas-timnas yang lainnya. 

Australia

Source: feminafutbol.com

Tidak dipungkiri bahwa Australia adalah yang paling favorit karena memiliki skuad dengan kelas internasional seperti Sam Kerr (Chelsea), Caitlin Foord (Arsenal), dan Kyah Simon (Tottenham Hotspur). Lebih lagi, Australia juga selalu menjadi 5 besar AFC sejak 2006.

Ranking FIFA mereka sekarang adalah 11 dan ini adalah ranking timnas dengan ranking FIFA tertinggi di AFC Women' Cup 2022.

Jepang

Source: setouchiexplorer.com

Nadeshiko Jepang adalah salah satu tim terkuat baik secara performa mau pun secara pengalamannya. Hal ini terbukti bahwa Jepang adalah juara 1 dua kali AFC berturut-turut. Juara 1 ketiganya bukan lah hal yang mustahil lagi bagi Jepang tahun ini.

Jepang memiliki beberapa pemain kelas internasional seperti Mana Iwabuchi (Arsenal) dan Saki Kumagai (Bayern Munchen).

Ranking FIFA mereka sekarang adalah 13.

China PR

Source: IG @wang_shuang7

Sebagai timnas yang paling legendaris di AFC, China PR menjadi juara bukan lah hal mustahil. Bahkan mereka tidak pernah keluar dari juara AFC empat besar sejak 1986. Mereka telah mengantongi delapan juara 1 AFC.

Ranking FIFA mereka sekarang adalah 19 tepat dibawah Korea Selatan. 

Korea Selatan

Ji So-yun. Source: IG @ji_soyun10

Meskipun perolehan tertinggi di AFC hanya juara 3 pada tahun 2003, Korea Selatan termasuk tim favorit di AFC tahun ini. Mereka memiliki beberapa pemain gelandang kelas Internasional seperti Ji So-yun (Chelsea).

Ranking FIFA mereka sekarang adalah 18.

Hal disayangkan

Source: Flickr @greentea

Korea Utara sebagai timnas dengan ranking 10 FIFA, sangat disayangkan tidak mengikuti AFC tahun ini. Karena pandemi Covid-19, negara ini masih menutup segala perjalanan keluar negeri dan hal ini termasuk dalam urusan mengikuti pertandingan olahraga. Sudah sejak 2019, timnas Korea Utara tidak aktif dalam perlombaan internasional. Lebih lanjut lagi, jika mereka tidak bermain hingga lebih dari empat tahun maka rating mereka akan menurun.

Akhir Kata

Dengan dimeriahi oleh 4 tim tersebut, AFC Women's Cup 2022 akan menjadi semakin menarik pada babak knockout. Untuk menontonnya, anda bisa lewat live streaming online di RCTI+ secara cuma-cuma. Link di sini.