Konflik Keluarga dalam Drama China


Masih ingat, saya pernah membaca sebuah artikel di New York Times tentang pengalaman seseorang terbantu memperbaiki hubungan keluarganya melalui drama China. Cek tulisannya disini. Saat itu, saya apa yang dimaksud penulis hanya sekedar bahwa drama China memberikan kebersamaan saat menonton. Saya belum memikirkan hal-hal yang lebih menjauh.

Tetapi, akhir-akhir ini saya sendiri mencoba untuk menonton beberapa drama China, dan saya menemukan bahwa konten-konten drama China sendiri memang berisi hal-hal yang sangat berbau kekeluargaan yang kuat.

Konflik keluarga dalam drama China tidak bertumpu pada individu tetapi sebuah kesatuan. Dalam beberapa drama China, konflik orangtua-anak dimunculkan dalam bentuk orangtua yang bersalah kepada anaknya. Tetapi, cerita mencoba untuk berusaha tidak memihak anak. Melainkan, penyelesaian masalah adalah kedua belah pihak berusaha membuat perdamaian dan saling memahami.

Dalam sebuah adegan dalam drama China; Kekasihku Robot. Ketika itu, seorang hendak bunuh diri setelah ibuya memarahinya di rumah sakit. Saya pikir, penyelesaian konfliknya akan berfokus pada orang tua yang disalahkan tetapi ternyata tidak. Konflik terselesaikan dengan memberikan semangat untuk orang tersebut dan menyinggung bahwa ibunya akan sangat bersedih jika dia mati.

Masih dalam drama tersebut, salah satu plot sampingan adalah seorang ayah buruk dan dibenci oleh anaknya. Ayah berusaha tetapi ditampakkan bahwa usaha-usahanya berkali-kali gagal dan tampak beberapa kali cerita berpihak pada sang anak. Tetapi, cerita berakhir dengan keduanya saling memaafkan karena menyadari kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Dalam drama China, keluarga tidak digambarkan sebagai kesatuan yang sempurna dan tidak juga diharapkan sebagai sempurna. Melainkan, drama China mencoba melihat bahwa ada kelemahan dan kelebihan dalam keluarga. Hal itu lah yang menurut saya, sebuah penggambaran yang lebih objektif dan realis dalam kehidupan terutama di Asia.

Untuk menonton drama Kekasihku Robot secara legal dan gratis, anda bisa mengunjungi WeTV di sini