Download dan Windows Movie Maker Original

 

Foto Jakob Owens di Unsplash

Movie Maker atau mungkin dikenal sebagai Windows Movie Maker adalah aplikasi pengedit video dari Microsoft yang tersedia secara gratis untuk Windows. Pengedit video satu ini memang memiliki fitur yang biasa-biasa saja tetapi karena ini sudah dikenal secara umum dan mudah digunakan, banyak orang merasa nyaman menggunakannya.

Namun, Movie Maker tidak lagi dapat diunduh dan kalau pun ada, bisa jadi dua kemungkinan. Pertama, itu adalah aplikasi yang sebenarnya bukan Movie Maker milik Microsoft (contoh: Movie Maker - Video Editor). Kedua, itu adalah Movie Maker milik Microsoft yang ditakutkan disusupi oleh virus atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan tempat download Windows Movie Maker yang sebenarnya.

Cara Unduh Windows Movie Maker

Karena sudah tidak tersedia lagi di website resmi Microsoft, anda perlu mengaksesnya menggunakan Wayback Machine milih archive.org. Langsung saja di sini Windows Essentials Wayback Machine.

Cara Install Windows Movie Maker

Anda hanya perlu mengunduh Windows Essentials dan menginstallnya. Saat proses instalasi, anda harus mengunduh beberapa hal yang diharuskan oleh Microsoft seperti NET Framework dan ini dilakukan secara otomatis. Jadi, anda hanya perlu menikmati alurnya saja. Setelah itu, anda memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Pilih lah Photo Gallery & Movie Maker.

Berikut adalah langkah-langkah lebih rincinya.

Unduh Installer Offline Windows Essentials

Seperti yang sudah disebutkan baru saja, anda perlu untuk mengunduh Windows Essentials di sini karena sudah tidak tersedia di website resminya.


Jalan kan Installer Offline Windows Essentials

Installer Windows Essentials memiliki nama wlsetup-all berformat .exe. Cek di folder downloads anda dan klik kiri dua kali.

Install Windows Movie Maker

Sebelum mulai menginstall, Windows akan menyarankan untuk menginstall beberapa aplikasi-aplikasi yang diharuskan seperti N.E.T. Framework, dan lain-lain. Instalasi akan dilakukan secara otomatis, jadi anda hanya perlu koneksi internet dan menunggu sampai proses selesai saja.

Kemudian anda akan melihat dua pilihan seperti digambar. Pilih lah pilihan kedua karena hanya Windows Movie Maker saja yang dibutuhkan.

 

Ingat, hanya pilih Photo Gallery and Movie Maker saja. Aplikasi-aplikasi lainnya sudah tidak dapat dipakai atau kalau pun bisa, sudah ada penggantinya di Windows secara default.


 Tunggu Instalasi Selesai


Siap Digunakan


Demikian lah, tutorial kali ini. Terima kasih telah mengunjungi Soyuznesia. Jangan ragu untuk chat langsung ke penulis jika memang diperlukan.