Aplikasi Android Open Source untuk Pecinta Manga dan Anime

Sumber: Unsplash @iangvalerio


Menjadi seorang wibu, otaku, atau sejenisnya adalah sebuah profesi. Sehari-hari menikmati konten-konten kartun dari Jepang. Menjadi kebutuhan harian, tidak jarang mereka mencari kartun Jepang secara illegal karena keterbatasan uang atau pun akses.

Ada tiga fitur utama mengapa aplikasi-aplikasi ini sangat saya rekomendasikan. Pertama adalah tersedia secara open-source sehingga anda bebas untuk menginstall dan mendistribusikan. Kedua adalah aplikasi-aplikasi ini menyediakan fitur mengganti DNS sehingga anda dapat mengakses domain situs illegal yang diblokir di wilayah anda. Ketiga adalah dukungan sinkronisasi dengan AniList sehingga anda dapat terus memantau progress menonton anime atau membaca manga anda..

Kotatsu



Unduh | F-Droid

Kotatsu adalah pembaca manga, manhwa, manhua, dan komik sederhana tetapi cukup. Fitur-fiturnya dirancang sederhana. Hanya menyediakan konten-konten dari sumber-sumber terbatas dan hanya tersedia dalam berbahasa Inggris dan Rusia.

Tachiyomi



Unduh | Official

Berbeda dari Kotatsu, Tachiyomi mendukung sumber-sumber yang lebih banyak dan beragam bahasa. Pihak pengembang sangat aktif melakukan pembaruan-pembaruan. Dibandingkan dengan yang lainnya, Tachiyomi adalah yang paling terkenal dengan pengembang yang aktif.

Saikou



Unduh | Official

Berbeda dari dua aplikasi di atas, Saikou menyediakan manga dan sekaligus anime. Hanya saja, Saikou tidak menyediakan manhua, komik, dan manhwa. Ringkasnya, Saikou dirancang khusus untuk anime dan manga Jepang saja. Keunggulan lain dari Saikou adalah sinkronisasi lebih baik dengan AniList daripada dua aplikasi yang telah disebutkan.

Aplikasi ini masih dalam beta sehingga bisa saja anda akan mendapatkan banyak bug tetapi, pengalaman pribadi saya, ini tidak terlalu mengganggu dan dapat berjalan dengan wajar.

Kesimpulan

Tachiyomi menurut saya adalah yang terbaik secara keseluruhan dari dukungan pengembang, jumlah sumber, dan bahasa. Kotatsu paling cocok bagi anda yang ingin aplikasi ringkas dan compact. Saikou dapat menjadi pilihan terbaik jika anda juga membutuhkan anime.