Foomee QA05: Rekomendasi Earphone Murah di bawah 20 ribu



Sangat disayangkan, banyak sekali earphone merk berkelas di harga murah yang memiliki fitur seadanya. Misalnya, headset Pioneer atau Sony dengan harga 90an ribu meskipun secara kualitas bagus tapi tidak memiliki fitur bass.

Ini berbalik dengan earphone-earphone merk kelas dua seperti Vivan, Robot, Foomee, dan lain-lain. Dengan harga standar, mereka mampu memberikan fitur lebih dan suara sebanding di harga jauh lebih murah.

Lalu earphone "merk kelas dua" apa yang direkomendasikan? Menurut saya, Foomee QA05 adalah earphone terbaik sesuai harganya di kelasnya. Berikut adalah alasannya:

Kualitas Material



Berbeda dari earphone lainnya di harga yang sama, Foomee QA05 memiliki kabel yang cukup alot sehingga, kabel tidak mudah putus. Selain itu, kualitas plastik yang cukup bagus cukup menjamin headset anda tidak mudah pecah karena terbentur. Hanya saja, kelemahan utama adalah di tombol yang mudah rusak.

Ini sangat penting bagi anda yang biasanya memakai earphone untuk beraktivitas dan tiduran. Kalau kabel tidak alot, biasanya earphone akan mudah putus bagian dalam sehingga suara menjadi besar sebelah atau bahkan tidak ada suaranya. Dan, kalau kualitas plastik yang kurang bagus, kepala earphone akan mudah pecah jika terbentur saat beraktivitas atau terlindas tubuh saat tidur.

Kualitas Suara



Hemat saya, Foomee QA05 memiliki kualitas suara yang sebenarnya tidak terlalu bagus tetapi dapat dibandingkan dengan earphone kelas dua lainnya. Selain itu, fitur bass yang lumayan untuk sebuah headset 10ribuan adalah nilai paling lebih.

Perlu menjadi catatan bahwa earphone merk kelas satu, secara umum tidak memiliki bass yang memuaskan untuk produknya di harga bawah 100 ribu. Kesimpulannya, dengan harga hingga 10 kali lebih murah, kualitas Foomee QA05 dapat dibandingkan dengan earphone-earphone murah keluaran merk kelas satu.

Harga Murah



Dengan harga di bawah 15 ribu, Foomee QA05 memiliki nilai yang dapat disamakan dengan earphone-earphone seharga 30-50ribuan. Bahkan, sebuah konter menjual earphone ini dengan harga 70ribuan di Piyungan, Bantul.

Harga Pasar

Saya pribadi menilai bahwa untuk earphone ini sebenarnya wajar saja jika ada yang menjual seharga 20-30 ribu. Tetapi, anda dapat menemukan earphone ini dengan harga sekitar 9000an saja di olshop tetapi mungkin saja itu stok lama. Untuk harga normal di olshop berkisar 13-15 ribu.

Kelemahan Utama

Foomee QA05 ini memiliki kelemahan yang menurut saya cukup disayangkan. Pertama, tombol di earphone yang mudah rusak. Pengalaman saya, ini adalah permasalahan pertama yang saya temui. Kedua, bukan ear-in. Bagi sebagian orang yang lebih memilih model ear-in, Foomee QA05 sepertinya kurang tepat dan memilih model Foomee QA lainnya sepertinya juga tidak sebagus QA05; menurut pengalaman saya.

Kesimpulan

Foomee QA05 adalah sebuah earphone yang memiliki nilai lebih daripada harganya. Meskipun tampaknya terlalu murah, earphone ini layak untuk dibeli dan digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Bahkan, jika dibandingkan dengan earphone-earphone selevel atau bahkan se-merknya, Foomee QA05 tetap menjadi sebuah pilihan yang harus dipertimbangkan.

Catatan

"merk kelas dua" adalah merk-merk seperti Vivan, Robot, Foomee, V-Gen, dan lain-lain. Mereka memiliki produk-produk berkualitas dengan harga murah.

"merk kelas satu" adalah merk-merk seperti JBL, Phillips, Sony, Pioneer, Audio Technica, dan lain-lain. Mereka memiliki produk-produk berkualitas dengan harga mahal.