Health SSD Selalu Turun

Photo by Samsung Memory on Unsplash


Kesehatan SSD Saya 96%

Saya pernah mengecek kesehatan SSD saya, dan saya sempat cukup kaget. Kesehatan SSD saya adalah 96%, dan itu tampaknya tidak wajar karena saya baru membelinya belum sampai 1 tahun. Apakah ini pertanda SSD saya berkualitas buruk? Atau saya akan kehilangan data-data saya sewaktu-waktu?

Sebenarnya, ini adalah hal yang wajar. SSD, berbeda dengan HDD, memiliki jangka hidup yang lebih pendek, atau lebih tepatnya cepat. Usia SSD biasa dilihat dari jumlah write yang telah dilakukan. Semakin banyak anda telah melakukan write, maka usia SSD semakin memendak, sehingga kesehatan akan menurun.

Faktor Utama Turunnya Kesehatan SSD

Perlu diketahui, ketika menginstall Windows, atau sistem operasi lainnya, anda akan melakukan write ke SSD anda dengan jumlah yang sangat besar. Untuk instalasi Windows, ini dapat mengurangi kesehatan SSD hingga 1%. Ini adalah hal yang wajar, dan apalagi bagi orang yang sering gonta-ganti sistem operasi, atau mereka para distro hoppers.

Baguskah Kesehatan SSD Turun?

Menurunnya kesehatan SSD justru adalah hal yang bagus. Ini memberi indikasi kepada anda, bahwa anda harus memiliki cadangan untuk data-data penting di penyimpanan awan. Bahkan, Windows sendiri menyarankan anda untuk menggunakan OneDrive karena alasan serangan ransomware.

Bayangkan misalnya, SSD anda sebenarnya bermasalah tetapi masih menunjukkan kesehatan 100%. Meskipun perasaan tenang, tetapi masalah besar bisa terjadi sewaktu-waktu, dan anda belum bersiap-siap. Lebih baik berjaga-jaga daripada kehilangan data-data anda.

Catatan

Kesehatan SSD bukan lah satu-satunya faktor untuk mengukur kelayakan SSD anda.