Free Putar YouTube Latar Belakang di Lima Aplikasi ini

 YouTube merupakan aplikasi yang banyak diinstall oleh pengguna smartphone. Akan tetapi, tidak semua menyadari bahwa sebenarnya aplikasi YouTube tersebut adalah aplikasi client yang berarti adalah aplikasi pihak ketiga yang menghubungkan antara server ke pengguna.

Oleh karena itu, mengakses server YouTube pada dasarnya tidak mengharuskan menggunakan aplikasi client resmi. Menggunakan aplikasi client YouTube alternatif memiliki manfaat dengan adanya fitur-fitur yang tidak dimiliki atau dibatasi di aplikasi client resmi.

Berikut adalah 5 aplikasi client YouTube yang memiliki fitur Pemutaran Latar Belakang secara gratis. Catatan: Semua aplikasi-aplikasi ini gratis secara harga, dan berlisensi terbuka atau Open Source, anda bebas untuk mengunduh, dan mendistribusikan. Ingat, pastikan anda mengunduh dari tempat terpercaya, seperti F-Droid atau repositori resmi pihak pengembang masing-masing.

1. NewPipe: Terbaik dan Paling Populer

Sumber: Official GitHub NewPipe

Tidak perlu diragukan lagi, NewPipe adalah client YouTube lisensi open source (terbuka) yang paling populer. Berdasarkan dari halaman GitHub resminya, NewPipe hadir secara publik pada 6 September 2015. Selain itu, NewPipe juga telah memiliki 28 ribu fork yang menunjukkan banyaknya pengembang menggunakan aplikasi ini sebagai basis aplikasi mereka.

NewPipe memiliki fitur yang lengkap seperti unduhan video, memutar di latar belakang, dan subscription. Akan tetapi, pengguna tidak dapat menggunakan akun Google. Seluruh data tersimpan secara lokal, sehingga pengguna membutuhkan backup manual jika ingin berpindah perangkat.

2. ViiMusic: YouTube Music Sederhana dan Minimalis

Sumber: Official GitHub ViiMusic

Sesuai namanya, ViiMusic adalah aplikasi client untuk memutar musik. Aplikasi ini adalah client dari YouTube Music, sehingga pengguna tidak dapat mengakses konten-konten video YouTube selain musik. Mungkin tampaknya membuat fitur terbatas, tetapi justru lebih ringkas, dan fokus.

ViiMusic memiliki fitur unik. Setiap lagu yang diputar, akan tersimpan di cache, sehingga pengguna tidak perlu untuk mengunduh secara manual. Selain itu, ViiMusic memiliki fitur lirik tersinkron yang cukup lengkap karena memanfaatkan lirik dari KuGou.

3. InnerTune: YouTube Music Kaya Fitur

Sumber: Official GitHub InnerTune

InnerTune mengambil inspirasi dari ViiMusic dengan penambahan fitur yang lebih lengkap dan penyempurnaan tampilan. Fitur-fitur tersebut adalah mengubah proxy, bahasa konten, dan negara konten. Tampilan InnerTune dibuat lebih menarik dan fitur lirik tersinkron diatur lebih baik. Secara umum, tampilan dibuat untuk menyerupai Spotify.

Secara umum, InnerTune dan ViiMusic memiliki banyak kemiripan. Keduanya sama-sama merupakan aplikasi client YouTube Music saja. Akan tetapi, InnerTune menambahkan beberapa fitur penting dan perubahan antarmuka.

4. SongTube: NewPipe Minimalis

Sumber: Official SongTube GitHub

SongTube dibuat berbasis dari NewPipe, tetapi memiliki antarmuka bergaya material. Aplikasi ini menawarkan fitur selayaknya NewPipe seperti unduh video, pemutar latar belakang, hingga subscription.

Berbasis dari NewPipe, SongTube memangkas fitur-fitur yang kurang perlu. Kemudian, SongTube mengemas ulang dengan gaya material sehingga pengguna merasa familiar dan nyaman. Tampilan SongTube akan tampak seperti YouTube client resmi yang tersedia di Play Store.

5. SkyTube: Alternatif dengan Filter Konten

Sumber: SkyTube F-Droid

Dari semua daftar ini, SkyTube memang berada di urutan terakhir, tapi bukan berarti tidak memiliki keunggulan. SkyTube menonjolkan dua hal dalam aplikasinya: fitur subscription dan fitur filter video. Untuk fitur subsription, anda bisa meng-import subscription dari akun YouTube anda sendiri. Sedangkan, filter video berguna untuk memfilter video-video sesuai dengan preferensi anda.

Fitur-fitur umum lainnya tetap tersedia di SkyTube seperti unduh video, dan pemutaran latar belakang. Selain itu, tersedia juga SkyTube Extra yang merupakan SkyTube versi tidak open source. Dengan SkyTube Extra, pengguna dapat melakukan menggunakan fitur Chromecast.

Kesimpulan

Penulis sendiri, lebih memilih memakai ViiMusic karena beberapa alasan. Pertama, ViiMusic adalah produk original; maksudnya ViiMusic bukan lah produk fork atau modifikasi dari software lainnya. Kedua, ViiMusic berukuran paling kecil dibandingkan dengan lainnya. Dan terakhir, penulis sudah memakai aplikasi ini selama satu tahun, sehingga perpustakaan dan playlist yang telah dibuat akan sangat disayangkan jika tidak lagi dikembangkan.

Itu hanya pandangan penulis, setiap orang memiliki pilihannya masing-masing. Misalnya, jika anda lebih familiar dengan Spotify, InnerTune mungkin akan lebih cocok. Jika anda lebih menyukai fitur lengkap, NewPipe bisa menjadi pilihan. Ingin tampilan yang serupa dengan client resmi, SongTube bisa jadi pilihan ideal. Ingin fitur Chromecast, SkyTube Extra bisa dipertimbangkan.