Stargon Browser : Browser Lengkap dengan VPN DNS dan Pengunduh Video untuk Android

Browser adalah salah satu kebutuhan sehari-hari untuk berselancar di internet. Tidak asing lagi, kita menggunakan browser Chrome yang biasanya sudah terinstall di Android. Atau, sering juga kita menggunakan browser FireFox dengan alasan privasi, dan pemblokir iklan. Tapi semua browser yang biasa kita pakai, mereka masih memiliki kekurangan fitur seperti pengunduh video, VPN, dan lain-lain. Pada akhirnya, kita membutuhkan browser yang compact dengan fitur pengunduh video dan VPN, yaitu Stargon Browser.

Apa itu Stargon Browser?

Stargon Browser adalah browser untuk perangkat Android yang dikembangkan Onecook Co, Ltd. dari Korea Selatan. Stargon Browser dikenal sebagai browser dengan fitur VPN DNS, berukuran kecil, tetapi berfitur lengkap. Dengan hanya ukuran download kurang lebih 4MB, semua fitur-fitur lengkap sudah dapat dinikmati.

Apa saja Fitur Stargon Browser?

Menu Fitur di Aplikasi Stargon Browser

Diambil dari halaman Play Store Stargon Browser, berikut adalah daftar fitur-fitur Stargon Browser:

Fitur Utama Stargon Browser

Beberapa fitur utama Stargon Browser adalah Gesture, Pemblokir Iklan, Pengunduh Video, Pengunduh Gambar, Mode Gelap/Malam, Kustomisasi Font, DNS VPN, Pemutar Video, Pemutar Latar Belakang, Pengatur Pencahayaan, Pemblokir Gambar.

Fitur Tambahan Stargon Browser

Terdapat juga beberapa fitur Stargon Browser yang tidak kalah penting seperti Pemindai QR Code, File Manager, Full Screen, Mode Desktop, Shortcuts, Safe Browsing, Mode Rahasia, Bookmark, History, dan Terjemah.

Fitur lainnya

Stargon Browser memiliki fitur kunci aplikasi. Dengan fitur ini, pengguna harus memasukkan pola kunci sebelum membuka aplikasi.

Selain itu, ada fitur penting lainnya yaitu backup dan restore. Ini sangat penting untuk memindahkan data-data browser karena tidak tersedia fitur sinkronisasi awan.

Dari semua fitur tersebut, beberapa fitur Stargon Browser yang menurut penulis sangat penting adalah Pemblokir Iklan, Pengunduh Video, DNS, VPN, dan Pemutar Video. Fitur-fitur Stargon Browser tersebut sangat penting untuk berselancar di situs-situs yang penuh dengan iklan atau diblokir di wilayah tertentu.

Seberapa Kuat Pemblokir Iklan Stargon Browser?

Iklan video di video YouTube masih sempat muncul

Stargon Browser memiliki fitur pemblokir iklan yang cukup kuat, tetapi masih sempat menampilkan iklan di YouTube selama pengetesan penulis. Meskipun tidak sekuat Ublock Origin, pemblokir iklan Stargon Browser sudah mampu memblokir iklan-iklan biasa, iklan Pop Up, dan iklan tab baru. Berselancar di situs-situs penuh iklan sudah terasa nyaman dan aman.

Stargon Browser juga memiliki fitur Do Not Track yang terletak di menu Security.

Stargon Browser tidak memblokir iklan secara optimal dari situs Gamezop. Gamezop adalah situs bermain game browser yang dapat dimainkan tanpa perlu instalasi di perangkat. Situs ini tersedia di menu fitur dengan nama Games.

Apakah Stargon Browser memiliki fitur VPN?

Daftar DNS yang tersedia di Stargon Browser

Stargon Browser tidak memiliki fitur built-in VPN, tetapi browser ini memiliki fitur DNS. Dalam halaman resmi Play Store , developer  Stargon Browser menyebutkan fitur VPN DNS dan bukan VPN. DNS hanya mengganti DNS queries saja dan tidak menyembunyikan alamat IP. Untuk lebih lanjut, dapat membaca jawaban Anthony May.

Apakah Stargon Browser cocok untuk browser default?

Stargon Browser adalah browser yang memiliki fitur lengkap meskipun berukuran kecil, tetapi untuk dijadikan browser default perlu beberapa pertimbangan. Pertama, Stargon Browser tidak memiliki fitur sinkronisasi awan sehingga semua data hanya tersimpan secara lokal. Kedua, Stargon Browser memiliki fitur banyak, tetapi dari segi kompatibilitas masih kalah dari browser umum seperti Chrome, dan FireFox.

Stargon Browser tentu layak untuk dipakai secara default untuk keperluan sehari-hari, tetapi untuk keperluan seperti bekerja, sekolah, dan lain-lain yang penting, Stargon Browser tampaknya belum layak.

Stargon Browser Tidak Bisa Unduh Video YouTube

Cukup disayangkan, pengguna Stargon Browser tidak dapat mengunduh video YouTube. Hal ini mungkin dikarenakan pihak pengembang harus mengikuti persyaratan dari Google, supaya dapat tersedia di Play Store.

Tapi sejauh pengalaman penulis, mengunduh video dari situs-situs lainnya dapat dilakukan.