All Too Human - Edward Klein

Hari ini saya akan menuliskan tentang buku yang baru pekan ini saya baca All Too Human karangan Edward Klein. Buku ini cukup tebal, 300-an halaman. Sebenarnya tidak terlalu banyak isinya karena line and paragraph spacing yang dipakai bukunya cukup renggang untuk mempermudah pembacaan. Saya beli dalam kondisi bekas di Bukalapak dengan harga sekitar 80-an ribu rupiah. Harga ini sangat murah menurut saya karena buku ini termasuk buku impor dan langka di Indonesia dan mungkin juga sudah langka di USA karena buku ini diterbitkan tahun 1990-an. Pada sampul bukunya terdapat harga barunya 20$. Saya merasa beruntung mendapatkan buku ini dengan harga sangat murah.

Pertama yang membuat menarik buku ini adalah isinya. Isinya berkaitan dengan kisah cinta antara John Fitzgerald Kennedy (Jack) dan Jacquiline Bouvier (Jackie). Jack merupakan salah satu tokoh terkenal di dunia, dia adalah presiden paling terkenal dalam sejarah United States of America (USA) sementara Jackie adalah First Lady yang sangat terkenal pula. Sesuai dengan judul, All Too Human, penulis buku ini ingin menyampaikan kepada pembaca bahwa kisah cinta mereka berdua, Jack dan Jackie, adalah kisah cinta yang sangat manusiawi (menurut pandangan Barat). Kisah cinta mereka berdua tidak seperti yang terjadi dalam dongeng – dongeng atau kisah – kisah cinta  yang terkesan luar biasa tapi penulis seolah – olah menggambarkan bahwa kisah cinta Jack-Jackie adalah kisah cinta yang sangat biasa. Namun dari kisah yang biasa tersebut menjadilah kisah cinta Jack-Jackie menjadi patut untuk dibaca karena kita, pembaca, dapat merasakan bagaimana orang sekelas Jack mengalami petualangan cintanya dengan istrinya.

Dalam buku ini anda akan membaca bagaimana pandangan Jack terhadap wanita, bagaimana dia memandang wanita sebagai salah satu dari dua hal: prostitusi dan ibu rumah tangga biasa. Ketika anda membaca buku ini anda akan memahami bagaimana Jack bisa berpikir seperti itu. Selain itu anda juga akan tahu bagaimana dia membedakan seks dan cinta kepada wanita. Mengapa dia tetap seorang Playboy (versi Barat) tetapi tetap mempertahankan istrinya. Juga mengapa Jackie tetap mencintai dan mempertahankan Jack walau dia tahu bahwa suaminya adalah seorang womanizer. Setelah anda pahami semua hal tersebut dalam buku ini anda akan dapat menyimpulkan apa perbedaan hakikat hubungan suami-istri dan cinta laki-perempuan versi orang seperti Jack dan versi seorang Muslim sejati

Buku ini sangat cocok bagi anda yang kecanduan dengan kisah cinta laki-perempuan. Buku ini akan menjelaskan bagaimanakah kisah cinta yang manusiawi (menurut Barat). Anda yang biasa mengkonsumsi kisah cinta laki-perempuan versi Barat harus membaca buku ini karena buku ini menyampaikan rahasia tentang cinta versi Barat.

Setelah anda membaca buku ini coba anda bandingkan dengan kisah cinta orang muslim secara umum dan nilai – nilai Islam. Anda akan mendapati bahwa seorang muslim adalah orang yang sangat menghargai perempuan dan setia terhadap pasangannya.

Kisah – kisah cinta laki-perempuan yang biasa ditampilkan di banyak popular culture seperti dalam film, novel, dan drama yang banyak nge-trend di sebagian pemuda tidak akan bisa menandingi bagaimana kisah cinta milik seorang muslim yang benar – benar berusaha menjalankan Islam.

Artikel ini ditulis untuk saudara – saudaraku muslim dari pondok – pondok saya dulu dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin.

Buku All Too Human bisa anda pinjam di Perpustakaan Pribadi Golden Sunset di Jl. Baji Rupa 7B, depan Ponpes As Sunnah, Balang Baru, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan. Anda juga bisa mengontak saya di +6285740640590 untuk informasi lebih lanjut. Syarat dan ketentuan berlaku.

Jika ada salahnya jangan diambil kalau ada bagusnya bisa diambil. Saya hanya manusia yang pasti ada salahnya.

Tulisan ini sudah lama dan Perpustakaannya sudah tidak tersedia lagi.