Blue Ocean Strategy bagian 1 - Cerita Buku

Ini adalah page pertama yang saya buat. Saya Insya Allah akan membuat page tentang review buku setiap saya menghabiskan buku yang cukup menarik bagi pembaca. Sebenarnya bukan review buku yang dibuat tetapi cerita buku. Kalau review buku bisa dicari di Goodreads, Google, Amazon, dan sebangsanya, jadi saya akan membuat cerita buku saja di blog ini. Sayalah yang membuat dan yang pertama memakai istilah ini. Ayo dukung terus blog ini untuk memberikan manfaat kepada umat manusia.

Saya akan menceritakan sebuah buku yang sangat terkenal dengan judul Blue Ocean Strategy, ditulis oleh dua orang professor bernama Renee Mauborgne dan W. Chan Kim. Cerita buku yang saya buat tentu akan sangat berbeda dengan review - review lainnya karena blog ini adalah langka dan hanya satu di dunia. Saya akan me-review sekarang, oke!

Ini gambar bukunya, saya ambil dari Bu Wikipedia. Di cerita bagian dua Insya Allah saya akan upload yang punya saya sendiri.

Source : Wikipedia

Pertama saya mengenal buku ini ketika saya kelas 3 MA di ICBB (Islamic Centre Bin Baz). Awalnya saya sedang mempelajari sejarah dunia video game. Pada suatu hari waktu liburan semester akhir kelas 2 MA, terdengar kabar meninggalnya seorang CEO sebuah perusahaan video game Jepang yang menyebabkan banyak developer dan gamer yang merasa kehilangan. Lalu saya cari tahu di internet tentang CEO tersebut dan ternayata benar bahwa dia adalah seorang CEO yang berhasil membawa perusahaannya memenangi perang dunia video game ke-7. Setelah mendalaminya selama beberapa bulan dan waktu itu saya sudah kelas 3, saya menemukan bahwa dia memakai strategi samudera biru atau yang dikenal dengan Blue Ocean Strategy yang menjadi judul buku iniSetelah dua tahun lebih mengharap buku ini akhirnya saya bisa membelinya dengan harga 150-an ribu dan terjemah bahasa Indonesianya dengan harga 60-an ribu.

Buku ini sangat bagus bagi anda yang tertarik dengan inovasi, sesuatu yang berinovasi dan menghasilkan keuntungan. Buku ini mengajarkan bagaimana cara membuat bisnis dengan berinovasi dan membuat suatu yang berbeda sehingga menghasilkan Blue Ocean, sebuah lautan dimana tiada lawan dan tak terlawankan. Inovasi disini bukan inovasi seperti masak mie instan pakai air dingin, mengaduk kopi instan pakai bungkusnya, atau makan nasi lauk nasi. Inovasi di dalam Blue Ocean Strategy adalah inovasi yang membuat keuntungan (profit), menghindari persaingan (irrelevant), membuat permintaan baru (new demand) dan lain - lain.

Awalnya saya kira Blue Ocean Strategy hanya sekedar suatu strategi bisnis dengan membuat suatu hal yang berbeda dari yang lainnya atau yang biasa disebut Out of The Box dan ternyata dugaan saya salahTernyata tidak sesederhana itu karena jika sekedar membuat hal yang berbeda adalah hal yang mudah. Buku ini menjelaskan inovasi yang bagaimana yang harus dipakai dan langkah - langkah berikutnya hingga terciptanya Blue Ocean yang sebenarnya.

Buku ini menjabarkan langkah - langkah membuat Blue Ocean dari permulaan dengan apa yang disebut Value Innovation hingga bagaimana anda melaksanakan strategi anda, apa saja yang harus dilakukan agar terciptanya samudera biru atau Blue Ocean. Bahkan buku ini juga menjelaskan bagaimana cara menghindari Red Ocean dan menguji apakah strategi anda termasuk ke dalam Blue Ocean Strategy. Semua langkah dijelaskan secara mendetail disertai contoh yang telah terjadi pada berbagai perusahaan di dunia.

Berikut ada gambar tentang perbedaan Red Ocean dan Blue Ocean yang saya dapat dari Mbah Google. 


Samudera merah atau Red Ocean adalah sebuah perlawanan yang berdarah - darah. Setiap perusahaan berusaha mengalahkan yang lainnya dalam suatu pasar yang sama. Mereka saling berebut konsumen yang sama dengan berlomba - lomba meningkatkan value yang sama. Mereka terjebak dengan samudera berdarah - darah yang sebenarnya bisa dihindari.

Samudera biru atau Blue Ocean adalah sebuah strategi yang berlawanan dengan samudera merah. Dalam samudera biru sebuah perusahaan tidak perlu bersaing dengan perusahaan yang lain dan membuat suatu pasar yang tidak memiliki pesaing. Samudera biru membuat sebuah persaingan yang melenceng dengan membuat value yang berbeda dari pesaing - pesaing yang lain dan menggapai konsumen dari alam lain (non-costumer)

Saya baru selesaikan setengah bukunya jadi saya belum bisa menjelaskan banyak. Saya akan lanjutkan pembahasan tentang buku ini di artikel saya berikutnya dengan tag/label yang sama.

Bersambung.........untuk penjelasan lebih lanjut akan dilanjutkan dalam page selanjutnya. Selalu nantikan artikel langka dan berguna di iqbaljingxing.blogspot.com