Review Buku Blue Ocean Strategy

Persaingan adalah hal biasa yang ditemukan dalam dunia bisnis. Dalam bisnis apapun, persaingan tidak akan pernah lepas dari strategi bisnis untuk meraih keuntungan. Persaingan untuk menentukan siapa kah yang akan menjadi juara dan siapa kah yang akan kalah. Persaingan pun tidak akan pernah berhenti namun justru semakin panas dan berdarah - darah.

Penelitian yang dilakukan oleh pengarang buku Blue Ocean Strategy justru menghasilkan hal terbalik. Mereka menemukan bahwa keuntungan terbesar dari berbagai perusahaan besar dunia selama kurun waktu 100an dihasilkan bukan dari persaingan. Persaingan ternyata menjadikan keuntungan semakin sedikit dan bahkan dapat berakhir kerugian. Pengarang buku justru menemukan bahwa perusahaan yang tidak terjebak dalam persainganlah yang mendapatkan keuntungan terbanyak.

Perusahaan - perusahaan tersebut terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar dan melesat jauh di atas perusahaan - perusahaan lain dalam bidang yang sama.

Hal inilah yang membuat gagasan Blue Ocean Strategy (Strategi Samudera Bitu) lahir. Strategi ini berasumsi bahwa dengan melakukan penyimpangan dan menjauh dari persaingan, perusahaan dapat meraih keuntungan lebih besar tanpa persaingan. Sebaliknya, dengan mengikuti persaingan, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit dan penuh resiko.

Penulis menjabarkan langkah - langkah membuat penyimpangan dan menjauhi persaingan dengan sangat teliti. Dimulai dari cara menentukan penyimpangan yang tepat. Lalu menguji penyimpangan, apakah sudah tepat atau malah gagal. Langkah - langkah menjalankan strategi dan mengatasi berbagai rintangan, seperti senioritas dan minimnya sumber daya. Hingga, cara menjaga strategi kita tetap dalam penyimpangan dan jauh dari persaingan. Semua dijabarkan oleh penulis dengan mendetail beserta contoh - contoh kasus yang pernah terjadi (bukan fiksi).

Diantara contoh kasus yang dijelaskan dalam edisi 2015, penulis menjelaskan kasus Nintendo Wii,

Nintendo merilis konsol Nintendo Wii dengan mempraktekkan Blue Ocean Strategy. Nintendo menyimpang dari persaingan dengan rival - rivalnya (Sony dan Microsoft). Nintendo menerapkan values lain yang tidak dimiliki oleh Sony dan Microsoft. Sony dan Microsoft saling berlomba - lomba menghasilkan konsol dengan hardware mumpuni dan grafik tinggi. Nintendo justru menyimpang. Nintendo membuat konsol dengan hardware berspesifik rendah dan grafik non-HD. Tetapi, Nintendo membuat konsol tersebut dengan mekanik kontrol yang unik, berharga murah, dan ramah keluarga.

Hasilnya, Nintendo benar - benar mengalahkan pesaing - pesaingnya dengan telak. Penjualan konsol Wii mengalahkan kompetitornya, Xbox One dan Playstation 3. Selain itu, Nintendo dapat menghasilkan

Buku ini sangat cocok untuk para pelaku bisnis yang ingin mencari cara lain untuk meraih kesuksesan. Pengarang benar - benar mampu memberikan langkah - langkah dari awal hingga saat keberhasilan strategi. Semua dijelaskan dengan rinci dan jelas disertai contoh - contoh yang sesuai dengan fakta lapangan.

Buku ini sepertinya ditulis untuk kalangan pebisnis saja. Hal ini dikarenakan penulis hanya menerangkan strategi ini untuk keperluan bisnis. Namun, pengarang sudah menulis buku lain yang membahas hal lebih luas dari sekedar bisnis. Nama bukunya adalah Blue Ocean Shift. Saya belum membaca bukunya karena harganya masih mahal di pasar.

Untuk penjelasan mengenai strategi Blue Ocean, insya Allah, blog ini akan memberikan penjelasannya pada artikel - artikel ke depannya. Tetap nantikan artikel - artikel langka dan hanya satu di dunia di blog ini.

Buku ini sudah tersedia di Maktabah Golden Sunset, Jl. Baji Rupa 7B depan Ponpes As Sunnah. Perpustakaan ini sudah memiliki dua versi buku ini, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk kontak bisa menghubungi +6285740640590.