Aplikasi Android Ringan untuk HP Lemot

Photo by Matam Jaswanth on Unsplash

Memiliki HP lemot adalah sebuah nikmat tersendiri bagi sebagian orang. Dengan HP lemot, kita tidak perlu lagi untuk berlama-lama bermain HP karena itu sangat membosankan. Selain itu, HP lemot dapat dijadikan alasan jika kerja anda kurang benar. HP lemot kadangkala menjadi idaman bagi sebagian orang. 

Tapi, menggunakan HP lemot ternyata memiliki kendala yaitu banyaknya aplikasi yang berat sehingga semakin lemot saja. Karena itu lah, berikut adalah aplikasi android yang memang cocok untuk HP lemot anda. 

RetroME


Unduh RetroME | PlayStore

Bermain game di HP Android lemot tentu saja lemot sehingga sangat tidak disarankan tapi coba lah untuk bermain game Java MIDE. RetroME adalah sebuah emulator untuk memainkan game-game Java MIDE selayaknya HP Nokia jadul.

Game-game Java MIDE terkenal pada eranya seperti Real Football 2010, Real Football 2012, Assassin Creed, Revival, Ancient Empires 2, Prince of Persia, dan tentu saja masih banyak lagi. Semua game-game tersebut dapat anda mainkan dengan RetroME.

Game-game bisa diunduh di situs dedomil.net.

AOSP Music+

Unduh AOSP Music+ | PlayStore

Pemutar audio ringan yang sebenarnya adalah AOSP Music+. Banyak sekali pemutar audio mengklaim ringan tetapi tidak cukup ringan untuk HP dengan RAM 1GB. AOSP Music+ ini dapat berjalan lancar di Nokia C1.

Secara tampilan, AOSP Music+ sangat mirip dengan pemutar audio bawaan Android AOSP. Anda mungkin akan merasa kurang puas, tetapi secara fungsi, aplikasi ini terbaik.

Alternatif lain adalah Simple Music Player | PlayStore

Play Book


Unduh Play Book | PlayStore

Play Book adalah ebook reader keluaran Google yang unik. Ebook Reader satu ini tidak memiliki fitur kustomisasi yang banyak, tetapi mencukupkan dengan pengaturan yang ada sehingga tidak terlalu membingungkan. Selain itu, dukungan kamus Bahasa Inggris dan Google Translate yang terbaik sangat membantu untuk memahami tulisan-tulisan asing. Fitur-fitur standar layaknya ebook reader biasa juga tersedia. Dan, terpenting adalah penyimpanan awan sehingga anda dapat membawa buku anda kemana pun anda pergi.

Untuk menambah buku anda sendiri, anda perlu upload lewat browser desktop anda.

NewPipe


Unduh NewPipe | F-Droid

YouTube client satu ini memberikan pengalaman jelajah video seperti aplikasi YouTube biasanya. YouTube Go memang bisa menjadi alternatif tetapi karena fitur yang terbatas, NewPipe adalah pilihan yang lebih tepat. Selain itu, anda dapat memainkan video di background dan mengaktifkan fitur loop/mengulang. Bahkan, anda dapat memutar audionya saja.

Untuk performa maksimal di HP lemot, anda perlu sedikit kustomisasi yaitu menurunkan kualitas video default dan tidak menampilkan kolom komentar. Kualitas video dan kolom komentar membutuhkan proses banyak.

NewPipe tidak tersedia di Play Store, anda perlu mengunduhnya di Droid-ify.

Messenger Lite


Unduh Messenger Lite | PlayStore

WhatsApp memakan banyak penyimpanan dan cukup berat. Telegram tidak terlalu ringan dan tidak banyak pengguna aktifnya. Messenger Lite adalah jalan keluarnya.

Semua data chat anda tersimpan di awan dan banyak orang aktif menggunakan Facebook. Messenger Lite adalah alternatif tepat yang ringan dan tetap terhubung.

Microsoft OneNote


Unduh Microsoft OneNote | PlayStore

Bagi pengguna desktop, aplikasi catatan dengan sinkronisasi awan yang mendukung antar platform adalah sangat penting untuk mempermudah akses catatan. Oleh karena itu, Microsoft OneNote adalah rekomendasi terbaik. Aplikasi ini berjalan lancar di Nokia C1.

Aplikasi ini tersedia untuk PC, Android, mau pun iOS secara cuma-cuma. Dengan fitur yang sangat lengkap seperti pengkategorian, catatan cepat, dan lain-lain, OneNote adalah pilihan tidak ada tandingannya.

Kotatsu


Unduh Kotatsu | F-Droid

Membaca komik, manga, manhwa, atau manhua melalui browser terkadang terlalu berat. Tidak hanya karena halaman website yang berat, browsernya sendiri juga menjadi alasan utama kelemotan. Kotatsu adalah aplikasi untuk membaca komik dan sejenisnya dari berbagai situs baik secara online atau anda dapat mengunduhnya.

Aplikasi ini tidak tersedia di Play Store tetapi anda dapat mengunduhnya dari Droid-ify.

Noozxoide EIZO-rewiretm Pro


Unduh Noozxoide | PlayStore | ApkPure

Noozxoide adalah aplikasi untuk memberikan efek suara keren. Mungkin memang tidak terlalu tampak perubahan, tetapi jika anda seorang audiophile, aplikasi ini wajib untuk dicoba.

Sayangnya, aplikasi ini sudah lama tidak diperbarui lagi dan bisa jadi tidak kompatibel untuk perangkat android baru. Hanya saja, hal itu tidak menjamin aplikasi ini tidak bisa dipakai. Jika tidak tersedia di Play Store, anda bisa mengunduhnya di Apkpure.

Droid-ify


Unduh Droid-ify | F-Droid

Droid-ify adalah aplikasi client untuk F-droid dengan perubahan tampilan yang lebih menarik dan fitur-fitur lainnya seperti repositori tambahan.

F-droid adalah toko aplikasi yang berisi aplikasi-aplikasi FOSS (Free and Open Source Software). Aplikasi-aplikasi berlisensi FOSS dikenal lebih ringan dan kecil karena lebih sedikit bloatware dan hal-hal tidak diperlukan lainnya.

Kesimpulan

Itu adalah beberapa aplikasi-aplikasi Android yang sudah saya uji di Nokia C1 dan dapat berjalan dengan baik.